PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015)


Pengarang

Chaerol Riezal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106101020056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Perkembangan, Surat Kabar
Penelitian yang berjudul “Perkembangan Surat Kabar Serambi Indonesia (1989-2015)”, ini bertujuan untuk menganalisis latar belakang diterbitkannya surat kabar Serambi Indonesia, untuk mengetahui bagaimana perkembangan surat kabar Serambi Indonesia, dan apa saja kendala-kendala yang pernah dihadapi dalam perkembangan surat kabar Serambi Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, dimana metode ini merupakan metode yang biasa digunakan dalam penelitian sejarah. Untuk langkah kerja pertama adalah menentukan tema atau topik yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan data-data primer yang diperoleh dari objek penelitian. Data dokumentasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah data yang terdapat di kantor pusat harian Serambi Indonesia, seperti arsip dan laporan tahunan. Langkah kerja yang terakhir adalah melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbitnya surat kabar Serambi Indonesia merupakan hasil gagasan dari Ibrahim Hasan, Sjamsul Kahar, Nourhalidyn dan juga hasil dari kesepakatan dengan pimpinan Harian Kompas, Mimbar Swadaya, PT. Karya Muda Grafika dan PT. Pupuk Iskandarmuda dalam menerbitkan sebuah surat kabar harian di Provinsi Aceh. Dalam perkembangannya, Serambi Indonesia mampu berkembang secara menyeluruh seperti jumlah wartawan, rubrik dan halaman, oplah cetak, distribusi, penjualan, harga penjualan serta agen dan loper surat kabar harian Serambi Indonesia yang setiap tahunnya mengalami peningkatan dan penurunan. Namun, pihak Serambi Indonesia terus melakukan berbagai terobosan untuk mengembangkan bisnis surat kabarnya. Meskipun selama 26 tahun terbitnya Serambi Indonesia sering menghadapi berbagai kendala, namun Serambi Indonesia berhasil menunjukkan kerja terbaiknya dengan cepat dalam menerbitkan berbagai informasi kepada masyarakat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK