PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MAN DARUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MAN DARUSSALAM


Pengarang

Mila Rahayu - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101120007

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : model pembelajaran, kancing gemerincing, prestasi belajar

Model pembelajaran Kancing Gemerincing dilakukan karena kurangnya interaksi dan pertukaran pemikiran dari siswa dan guru sehingga banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran Geografi. Model pembelajaran Kancing Gemerincing memberikan kesempatan kepada anggota kelompok dapat berperan untuk memberikan kontribusi dan mendengarkan pandangan anggota kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan prestasi belajar geografi, (2) Aktivitas guru dan siswa, (3) Kemampuan guru mengelola pembelajaran Geografi dan (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Kancing Gemerincing. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1 MAN Darussalam yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian dengan (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari siklus I 34 siswa ada 7 siswa yang belum tuntas dan siklus II dari 34 siswa hanya 2 siswa yang belum tuntas. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 79,41% menjadi 94,12%. (2) Aktivitas guru yang dominan adalah menugaskan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi agar siswa mengeluarkan pendapatnya dan memberikan kontribusinya. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 16% kategorinya sesuai dan siklus II aktivitas guru sebesar 17% kategorinya sesuai. Aktivitas siswa yang dominan adalah mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan mengeluarkan pendapatnya dan mendengarkan kontribusi dari kelompok lain. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 15% kategorinya kurang sesuai dan siklus II aktivitas siswa sebesar 17% kategorinya sesuai. (3) Keterampilan guru dalam pembelajaran Kancing Gemerincing meningkat dari kategori cukup baik, menjadi baik. (4) Respon siswa 90% mengatakan senang dan 80,8% merasa baru dengan komponen pembelajaran. 82% berminat untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya, 85% jelas bahasa yang digunakan guru, dan 97% siswa dapat memahami materi dengan menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK