//

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mirna - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
INDEX CARD MATCH TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Model pembelajaran, tipe Index Card Match, hasil belajar Model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match merupakan suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreatifitas. Rumusan masalah penelitian adalah; (1) Apakah pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Bagaimana keterampilan guru mengelola pembelajaran; (3) Aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran; (4) Bagaimana respon siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match; (2) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (3) Aktivitas guru dan siswa yang mencerminkan model pembelajaran Index Card Match; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe Index Card Match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Darussalam yang berjumlah 22 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran tipe Index Card Match. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 82 persen pada siklus I dan 95 persen pada siklus II, dan persentase ketuntasan individual pun meningkat dari 70 persen pada siklus I menjadi 90 persen pada siklus II; (2) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match meningkat dari katagori baik menjadi sangat baik; (3) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran Index Card Match; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match adalah 91 persen dari 22 siswa berpendapat bahwa belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pola kegiatan ekonomi penduduk dan penggunaan lahan berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 MEULABOH KABUPATEN ACEH BARAT (Syarifah Melda Selvia, 2019)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG (nurmahalis, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL THE FIRING LINE DENGAN MODEL INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARANGEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (ULLI YANA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy