Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam


Pengarang

mirna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906101120030

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Model pembelajaran, tipe Index Card Match, hasil belajar
Model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match merupakan suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif agar siswa mempunyai jiwa kemandirian dalam belajar serta menumbuhkan daya kreatifitas. Rumusan masalah penelitian adalah; (1) Apakah pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Bagaimana keterampilan guru mengelola pembelajaran; (3) Aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran; (4) Bagaimana respon siswa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match; (2) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (3) Aktivitas guru dan siswa yang mencerminkan model pembelajaran Index Card Match; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe Index Card Match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Darussalam yang berjumlah 22 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran tipe Index Card Match. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 82 persen pada siklus I dan 95 persen pada siklus II, dan persentase ketuntasan individual pun meningkat dari 70 persen pada siklus I menjadi 90 persen pada siklus II; (2) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match meningkat dari katagori baik menjadi sangat baik; (3) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran Index Card Match; (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match adalah 91 persen dari 22 siswa berpendapat bahwa belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pola kegiatan ekonomi penduduk dan penggunaan lahan berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK