//

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH TERHADAP PEMANASAN GLOBAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farrah Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitria, Farrah. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Sikap Siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh Terhadap Pemanasan Global. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd., (2) Dr. Djufri, M.Si. Kata Kunci: pengetahuan, sikap, siswa, pemanasan global Salah satu isu lingkungan global yang sedang berkembang saat ini adalah pemanasan global atau lebih sering dikenal dengan global warming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengetahuan siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh terhadap pemanasan global, (2) sikap siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh terhadap pemanasan global dan (3) hubungan antara pengetahuan dengan sikap siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh terhadap pemanasan global. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskritif kuantitatif dan jenis penelitian non-eksperimen. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan April s.d Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Penentuan sampel dengan teknik random sampling dan diperoleh 86 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata pengetahuan siswa SMA negeri di Kota Banda Aceh dalam kategori cukup (11,89 atau 59,45%), (2) rata-rata sikap siswa SMA negeri di Kota Banda Aceh masih dalam kategori cukup (56,93 atau 71,16%), dan (3) pengetahuan mempunyai hubungan tinggi (r=0,611) dengan sikap terhadap pemanasan global. Berdasarkan hasil analisis uji t, menunjukkan bahwa thitung = 8,925 dan ttabel = 1,9886. Responden dengan pengetahuan baik sebanyak 16 responden atau 18,60% dan sikap yang baik sebanyak 32 responden atau 37,20%. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) pengetahuan siswa SMA Negeri kelas XI di Kota Banda Aceh terhadap pemanasan global masih dalam kategori cukup, (2) sikap siswa SMA Negeri kelas XI di Kota Banda Aceh terhadap pemanasan global masih dalam kategori cukup, (3) terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap siswa SMA Negeri di Kota Banda Aceh terhadap pemanasan global.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI SISWA KELAS 2 SMA NEGERI 12 BANDA ACEH DALAM MENGATASI DAMPAK PEMANASAN GLOBAL MELALUI PELESTARIN KEAKARAGAMAN HAYATI (viza afriani, 2013)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT HIV/AIDS DENGAN SIKAP SISWA DALAM UPAYA PENCEGAHANNYA DI SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Raisha, 2015)

HUBUNGAN NILAI MATA KULIAH METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN SIKAP TERHADAP PEMANASAN GLOBAL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2016 - 2017 (YUNI SANTI, 2020)

HUBUNGAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahimah, 2013)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PENYAKIT HIV/AIDS PADA SISWA SMA LAB. SCHOOL UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siska Rahmi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy