PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH


Pengarang

Ayu Rahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200170019

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrokarbon melalui penggunaan pengembangan bahan ajar modul. Pengembangan modul menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri atas tiga fase, yaitu fase analisis keperluan, desain, serta pengembangan dan implementasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel diambil secara acak dan terbagi dalam kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan tes akhir pada kedua kelas, dan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan modul pada materi hidrokarbon digunakan angket. Pengolahan data dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya uji tingkat kesukaran tes, daya beda, validitas, dan reliabilitas. Selanjutnya, untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa dilakukan perhitungan N-gain dari hasil tes awal dan tes akhir. Pada uji hipotesis digunakan beberapa pengujian, diantaranya uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rerata. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata N-gain untuk pemahaman konsep siswa diperoleh -0,47 pada kelas kontrol dan 0,71 pada kelas eksperimen. Rata-rata N-gain hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol sebesar 0,21 dan kelas eksperimen adalah 0,75. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil angket terhadap penggunaan modul pada materi hidrokarbon sebesar 88,50% atas tanggapan guru dan 90,21% atas tanggapan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan pemahaman konsep serta hasil belajar kognitif siswa, dan penggunaan modul hidrokarbon sangat disetujui oleh guru dan siswa.

Kata Kunci: bahan ajar, modul, pemahaman konsep, hasil belajar kognitif

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK