//

Willingness To Pay Premi Perlindungan Kesehatan di Kota Banda Aceh

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YOSI RIZAL IRAWAN - Personal Name
SubjectHEALTH INSURANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi Univeristas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kesehatan adalah bagian yang sangat mutlak bagi kelangsungan hidup setiap masyarakat. Dengan keluarga yang sehat maka produktifitas kerjapun dapat meningkat sehingga penghasilanpun lebih tinggi dan sebaliknya bila kesehatan yang buruk maka kemampuan bekerja secara efektif menurun dan akan mendapatkan penghasilan lebih sedikit. Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) yang merupakan program perlindungan kesehatan untuk seluruh masyarakat Aceh yang bertujuan untuk mensejahterakan seluruh kalangan masyarakatnya untuk mendapatkan perlindungan kesehatan gratis. Dalam pelaksanaan JKA masih terdapat mengalami kendala didalam lapangan terutama tentang penyedian fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit Pemerintah dan Puskesmas yang belum memadai untuk menampung pasien yang terlalu banyak apalagi bila pasien-pasien yang harus mendapat perawatan khusus seperti operasi jantung, operasi tulang dan rawat inap lainnya. Oleh karena itu penelitian ini ingin melihat berapa willingness to pay masyarakat terhadap kesehatan dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi WTP tersebut. Penelitian ini dilakukan di Banda Aceh dengan pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Berdasarkan jumlah KK yang ada di Kota Banda Aceh sebanyak 59.116 KK (BPS, 2011), dilakukan penarikan sampel berdasarkan Rumus Slovin sehingga didapat sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Liner Berganda dan Uji Parsial (Uji-t) pada tingkat signifikan 0,05. Dalam uji-t untuk melihat keinginan masyarakat terdapat dua variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat, variabel bebas yaitu variabel pendapatan dan variabel jumlah anggota keluarga dan variabel terikat yaitu keinginan membayar. Dari hasil regresi linier berganda yang telah dilakukan untuk menguji variabel keinginan untuk membayar maka dapat di ketahui bahwa variabel pendapatan dan jumlah anggota keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keinginan untuk membayar dan Pembuktian secara parsial (uji-t) menunjukan bahwa variabel pendapatan dan jumlah anggota keluarga berpengaruh secara parsial terhadap keinginan untuk membayar. Sedangkan pada Uji Simultan (Uji-F) dapat disimpulkan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen atau dengan kata lain variabel jumlah anggota keluarga dan pendapatan responden berpengaruh terhadap keinginan membayar (WTP).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WILLINGNESS TO PAY (WTP) FASILITAS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH (Sabila Fildzah, 2016)

IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN RAKYAT ACEH (JKRA) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI PENELITIAN DI RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH) (DINA FITRIANI, 2018)

PENENTUAN CADANGAN MANFAAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RETROSPEKTIF PADA ASURANSI JIWA BERJANGKA (Bachyurah, 2019)

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PETANI TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM ASURANSI USAHA TANI PADI (AUTP) DI DESA TAMPOK BLANG KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (SHINTA MULIA, 2021)

HUBUNGAN SUMBER ASURANSI KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUDRNDR.ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (zulfikar aidil arif, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy