//

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE PADA RUAS JALAN BABAHROT-TRANGON DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rizki Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Provinsi Aceh merupakan salah satu wilayah Indonesia yang rawan terhadap bahaya kelongsoran. Kasus kelongsoran atau pergerakan tanah lateral pada lereng alam di sepanjang jalur transportasi darat wilayah Provinsi Aceh sering terjadi. Longsor terjadi akibat kombinasi faktor alami dan faktor pemicu. Faktor alami penyebab longsor adalah topografi atau kemiringan lereng, kondisi batuan dan tanah dasar penyusun lereng serta kondisi hidrologi atau kondisi air tanah pada lereng. Faktor pemicunya adalah adanya curah hujan yang tinggi, kegiatan pengambilan material, pembangunan jalan atau bangunan yang memotong lereng atau terjadinya bencana gempa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu analasis stabilitas lereng. Tujuan dari stabilitas lereng tersebut adalah untuk memperoleh nilai faktor keamanan (FK) yang memenuhi persyaratan keamanan. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan Metode Elemen Hingga dengan bantuan program plaxis dengan menggunakan perkuatan sheet pile dan pemilihan tanah timbunan yang digunakan. Berdasarkan perhitungan yang didapat pada Titik Km 13 dengan sudut kemiringan 50˚ dan Km 14 dengan sudut kemiringan 62˚ diperoleh nilai FK masing-masing 1,2 dan 1,01 pada kondisi existing. Hal ini menunjukan bahwa lereng dalam keadaan tidak aman, sehingga perlu dilakukan usaha perkuatan lereng menggunakan sheet pile. Pada kondisi perkuatan sheet pile tanpa timbunan pilihan di Titik Km 13 dan Km 14 diperoleh FK sebesar 1,39 dan 1,37, Sedangkan pada kondisi perkuatan sheet pile dengan menggunakan timbunan pilihan Pada Titik Km 13 dan Km 14 diperoleh FK sebesar 1,82 dan 1,71. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diharapkan dapat dijadikan acuan untuk perencanaan stabilitas lereng yang lebih mantap, efisien dan ekonomis. Kata kunci : lereng, faktor keamanan (FK), perkuatan sheet pile, timbunan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR KEAMANAN DAN PENANGANAN LERENG PADA RUAS JALAN BLANG KEUJEREN - PEURELAK KABUPATEN GAYO LUWES MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (T M HASAN BASRI, 2017)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN SHEET PILE (RUAS JALAN MEULABOEH-GEUMPANG STA 84+280 DAN 84+910) (Dewi Safrina, 2019)

ANALISIS STABILITAS LERENG DENGAN PERKUATAN GEOGRID PADA RUAS JALAN BANDA ACEH-MEULABOH DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 8.2 (Fuadi Ubaidillah, 2016)

ANALISIS PENANGANAN KERUNTUHAN TIMBUNAN DI ATAS TANAH GAMBUT DENGAN SHEET PILE PADA PEMBANGUNAN TPA NAGAN RAYA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Afifah Thahirah, 2019)

ANALISIS STABILITAS LERENG DINDING BRONJONG KOMBINASI CERUCUK BETON PADA LONGSORAN JALAN BIREUEN-TAKENGON KM 85 MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (FERDA FEBRIAN R, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy