//

PEMANFAATAN MEDIA ALAMI DIPANDU MODUL PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAS BABUN NAJAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIFTAHUL KHAIRI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING MATERIALS
INVERTEBRATES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang pemanfaatan media alami dipandu modul telah dilakukan di MAS Babun Najah Banda Aceh pada tanggal 15 Februari sampai 22 Februari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains, hasil belajar siswa serta hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar melalui pemanfaatan media alami dipandu modul pada Submateri Invertebrata. Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada satu kelas yaitu Xmia-3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains dan tes hasil belajar siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan uji paired t-test, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji paired t-test dengan bantuan SPSS 18.0 for windows, dan untuk mengetahui hubungan keterampilan proses sains dan hasil belajar menggunakan rumus korelasi. Hasil penelitian untuk keterampilan proses sains menunjukkan bahwa thitung -23,988 < 0.05, hasil uji t untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung -52,885 < 0.05 dan hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa menunjukkan nilai r =0.76. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa secara signifikan serta terdapat korelasi positif atau hubungan yang tinggi antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar melalui pemanfaatan media alami dipandu modul pada Submateri Invertebrata di MAS Babun Najah Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Media Alami, Modul, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Invertebrata

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM DI MTSN BANDA ACEH (AINOL MARDIYAH, 2019)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Wahyu Rizki, 2017)

PENGGUNAAN MEDIA CAMTASIA STUDIO BERBANTUAN HANDOUT DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (DEWI MUTIA MAIDANI , 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI MAN KABUPATEN BIREUEN (NURHAYATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy