//

HUBUNGAN KARAKTERISTIK LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU PENOLAKAN TERHADAP MAKANAN PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA BLANG KRUENG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Muhira - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada usia prasekolah kesukaan anak terhadap rasa makanan akan berkembang dan menyebabkan anak melakukan penolakan terhadap makanan. Penolakan terhadap adalah kondisi di mana anak menolak mengkonsumsi semua atau kebanyakan jenis makanan yang disediakan. Orangtua memiliki peran penting dalam pembentukan dan pengembangan pola makan yang sehat pada anak. Perilaku penolakan terhadap makanan dapat menyebabkan anak tidak mendapatkan kalori atau kebutuhan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh sehingga pertumbuhan anak akan terganggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik lingkungan dengan perilaku penolakan terhadap makanan pada anak usia prasekolah di Desa Blang Krueng Aceh Besar tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan teknik pengambilan sampel mengunakan total sampling yang berjumlah 68 responden. Penelitian ini dilakukan tanggal 23 Juni-27 Juni 2016 dengan alat ukur berupa kuesioner. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pendidikan ibu (p- value 0,024),pendapatan keluarga (p-value 0,028),aktivitas orangtua (p-value 0,005),pola asuh makan orangtua terhadap anak (p-value 0,031), pola makan orangtua (p-value 0,004) dengan perilaku penolakan terhadap makanan pada anak usia prasekolah di Desa Blang Krueng, Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis berharap adanya kerjasama antara perawat komunitas dan ahli gizi untuk memberikan informasi kepada para ibu tentang perilaku penolakan terhadap makanan yang sering terjadi pada anak usia prasekolah dan pelatihan mengolah berbagai bahan makanan bergizi agar menarik dan disukai oleh anak-anak. Kata kunci : penolakan terhadap makanan, peran kelurga, prasekolah Daftar bacaan : 25 buku + 19 jurnal + 1 sumber online (2001 – 2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU PICKY EATER DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (INTAN PUTRI BAHAGIA, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU AL-AZHAR KOTA BANDA ACEH (DEBBI APRILIA, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012 (FITRI WULANDARI, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RSUD MEURAXA BANDA ACEH (Puput Puspita Dewi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy