//

PENGALOKASIAN DAN REALISASI DANA APBD UNTUK SEKTOR PENDIDIKAN DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iswanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Iswanda, Muhammad. 2016. Pengalokasian Dan Realisasi Dana APBD Untuk Sektor Pendidikan Di Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Zakaria, M.Ed., (2) Alfi Syahril FJ S.Pd. M.Si Kata Kunci: Pengalokasian, Realisasi, Sektor Pendidikan Berdasarkan undang-undang No.20 tahun 2003 dan Qanun Aceh No.5 tahun 2008 pemerintah daerah harus mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) minimal 20% untuk sektor pendidikan diluar gaji pendidik dan biaya kedinasan, Pidie Jaya merupakan salah satu kabupaten di Aceh yang baru didirikan pada tahun 2007 yang didirikan setelah ditetapkan Undang-undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah berapa pengalokasian dan berapa realisasi dana APBK Pidie Jaya untuk sektor pendidikan. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui jumlah dana APBK Pidie Jaya yang dialokasikan untuk sektor pendidikan dan jumlah realisasinya. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Pidie Jaya, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah anggaran belanja sektor pendidikan Kabupaten Pidie Jaya tahun anggaran 20122015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif sedangkan pendekatan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalokasian APBK Pidie Jaya untuk sektor pendidikan setiap tahunnya melebihi amanat undang-undang yaitu mencapai 26,39%-35,56% setiap tahunnya, tetapi dari sejumlah anggaran itu lebih banyak dialokasikan untuk jenis belanja tidak langsung dengan komponen belanja pegawai yang mencapai 82,15%-85,47% dari total anggaran pendidikan setiap tahunnya. Tingkat realisasi anggaran mencapai 95,20%-98,87% setiap tahunnya, hal ini menunjukkan realisasi anggaran yang efektif dengan pencapaian realisasi diatas 90 %.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DANA BAGI HASIL (DBH), DANA ALOKASI UMUM (DAU), PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA MODAL DI KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH PERIODE 2015-2019 (ANDREAN ALAMANDA DZAKI, 2021)

PENGARUH PENERIMAAN DANA ALOKASI UMUM, DANA BAGI HASIL, DAN DANA OTONOMI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH SEKTOR PENDIDIKAN DAYAH DI ACEH (ZAHRA WANI, 2018)

EVALUASI PELAKSANAAN OTONOMI KHUSUS DI KABUPATEN PIDIE JAYA (SUATU KAJIAN TERHADAP STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH) (Martunis, 2017)

PENGARUH SISA ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA BAGI HASIL, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA MODAL FUNGSI PENDIDIKAN (STUDI PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI ACEH) (Diah Febriani, 2017)

PENGALOKASIAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDES) DALAM PEMBANGUNAN FISIK DI DESA ALUE PIET KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (Mulia Sasmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy