//

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Khatijah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Siti, Khatijah. 2016. Pola Pengasuhan Anak dalam Keluarga dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd., (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd. Kata kunci: pola asuh anak, kecerdasan interpersonal Pola asuh merupakan cara orang tua atau anggota keluarga mendidik dan merawat anak dengan memenuhi segala kebutuhannya baik fisik maupun psikologi, hubungan anak dengan orang lain bergantung dari pola pengasuhan yang diterapkan orang tua kepada anak di dalam keluarga. Bagaimana pola pengasuhan anak dalam keluarga akan dideskripsikan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan anak dalam keluarga terkait kecerdasan interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat keluarga yang memiliki anak usia 5-6 tahun di Gampong Punge Blang Cut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam yang ditujukan kepada anggota keluarga (ayah, ibu, pengasuh pengganti), kemudian data yang telah terkumpul dianalisis dengan cara 1) Reduksi data, 2) Display data, 3) Verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan anak dalam keluarga terkait kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun cenderung otoriter atau keras, seperti, menghukum secara fisik, memerintah anak, mengancam dan membentak. Sementara itu, lingkungan sekitar belum mendukung aktivitas bermain anak, sehingga menyebabkan kecerdasan interpersonal anak rendah, yakni; anak tidak mau berbagi; tidak mengenal aturan; memukul teman; berteriak-teriak ketika tidak mendapat yang dinginkannya; anak berkata atau berperilaku tidak sopan dan tidak menghargai orang lain. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada keluarga dalam mengasuh anak terkait kecerdasan interpersonalnya serta lingkungan yang harus selalu mendukung setiap aktivitas bermain anak sebagai awal dalam pembentukan sikap sopan santun serta hubungan interaksi anak yang baik dengan lingkungannya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA YANG MENIKAH DINI DI DESA MATANG NEUHEUN KABUPATEN ACEH TIMUR (Rita Zahara, 2020)

POLA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (LISA KISMA HAYATI, 2020)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SAINS DI TK IT AL-MADANI SIMEULUE (Vika Ayunita, 2016)

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN “KUCING DAN TIKUS” DI TK IT BAITUN NADA GAMPONG RAPANA KABUPATEN PIDIE (SYIFA NISRINA, 2020)

MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ULAR NAGA DI PAUD BUNGONG TANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (SITI HARDIANTI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy