//

ANALISIS KEPUTUSAN MEMILIH TEMPAT TINGGAL DI LOKASI BEKAS TSUNAMI: STUDI KASUS KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Naji - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Keputusan Memilih Tempat Tinggal di Lokasi Bekas Tsunami: Studi Kasus Kota Banda Aceh Nama : Ahmad Naji NIM : 1201101010014 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Ikhsan, S.E., M.A Konsentrasi : Ekonomi Regional dan Perkotaan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dalam pengambilan keputusan memilih tempat tinggal di desa bekas tsunami Kota Banda Aceh. Adapun variabel permintaan lokasi tempat tinggal yang diukur berdasarkan pengetahuan responden tentang tsunami dengan menggunakan dummy, 0 = tidak paham tentang tsunami dan 1 = paham tentang tsunami digunakan sebagai variabel terikat, sedangkan variabel harga lahan, pendapatan, aksesibilitas, kenyamanan (amenities) dan ekonomi sosial digunakan sebagai variabel bebas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara di lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari (Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh dan instansi terkait. Berdasarkan hasil perumusan Slovin, maka sampel yang bersesuaian untuk penelitian ini adalah sebanyak 98 responden. Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis Regresi Logistik Biner dengan tingkat ketepatan klasifikasi 90,8%. Hasil dari estimasi Regresi Logistik Biner dengan menggunakan uji Likelihood L Ratio (uji secara simultan) dapat disimpulkan bahwa berdasarkan tabel iteration history, nilai -2Log Likelihood pada blok (0) dan nilai -2Log Likelihood pada blok (1) adalah 60,126 dengan nilai χ2 = 6,251 pada α = 10%. Oleh karena nilai χ2 hitung > χ2 tabel (60,126 > 6,251), maka Ho tertolak atau dengan kata lain model fit dengan data. Hasil uji secara parsial dengan menggunakan uji Wald, didapatkan bahwa variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan pada level 10% (tingkat kepercayaan 90%) adalah variabel pendapatan dan aksesibilitas, sedangkan variabel harga lahan, kenyamanan dan ekonomi sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Kata Kunci : Harga Lahan, Pendapatan, Aksesibilitas, Kenyamanan, Ekonomi Sosial, dan Regresi Logistik Biner.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KETERTARIAKN MASYARAKAT UNTUK TINGGAL DI DAERAH TERIMBAS TSUNAMI STUDI KASUS: GAMPONG LAMPULO KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD REZA, 2018)

ANALISIS DETERMINAN COMMUTER DI KOTA JANTHO (zurriatina, 2015)

RANCANG BANGUN APLIKASI PENCARIAN INDEKOS DI DAERAH BANDA ACEH BERBASIS ANDROID (Muhammad Zulfikar, 2019)

KAJIAN LOKASI PERUMAHAN DI DAERAH RAWAN BENCANA DITINJAU DARI PERSEPSI PENGHUNI (Yuliana Sentosa, 2019)

PERBANDINGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MASYARAKAT YANG PERNAH MENGALAMI TSUNAMI BERDASARKAN RELOKASI TEMPAT TINGGAL (Putri Sukma Dewi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy