//

KAJIAN KANDUNGAN PROTEIN PADA AMPAS SUSU KEDELAI SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KECAP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratih Yunitasari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kedelai merupakan kacang yang dikonsumsi oleh seluruh masyarakat karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan salah satunya adalah protein. Ampas kedelai adalah produk samping hasil pembuatan susu yang didalamnyamasih terkandung protein yang cukup tinggi. Keterbatasan masyarakat akan pengetahuan dan modal membuat mereka tidak optimal memanfaatkan limbah ampas kedelai yang masih mengandung protein. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kandungan protein ampas sisa pembuatan susu kedelai sehingga dapat dimanfaatkan menjadi produk yang bernilai. Kedelai direndam selama 10 jam dan pada ampas kedelai dilakukan fermentasi awal selama 3 – 5 hari sampai terbentuknya jamur di seluruh permukaan ampas. Fermentasi menggunakan jamur tempe dan ragi untuk melihat perbedaan waktu pertumbuhan jamur antara keduanya. Pada penelitian ini hasil yang dianalisis yaitu kadar protein dan kadar air, kadar protein dianalisis dengan lima rasio ampas : air yaitu 1:4, 1:5, 1:6, 1:7, dan 1:8. Metode untuk menganalisis protein yaitu dengan cara Destruksi, Destilasi, dan Titrasi. Protein yang tertinggi diperoleh pada rasio ampas : air sebesar 1:5 yaitu 12,46%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka rasio 1:5 memiliki kadar air sebesar 76,55%. Oleh karena itu, untuk fermentasi digunakan rasio 1:5 agar tidak mengurangi manfaat protein maupun gizi lain dalam bahan baku kecap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN KECAP DARI BAHAN BAKU AMPAS KEDELAI (Sarlima, 2018)

KAJIAN KANDUNGAN PROTEIN PADA AMPAS SUSU KEDELAI SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN KECAP (Ratih Yunitasari, 2016)

KAJI PERILAKU PEMBAKARAN CAMPURAN AMPAS KEDELAI-BATUBARA SEBAGAI BAHAN BAKAR BIO-BRIKET PADA DAPUR INDUSTRI RUMAH TANGGA (Muharram, 2019)

STUDI PEMBUATAN KECAP ASIN DARI AMPAS TAHU DENGAN KOSENTRASI GARAM YANG BERBEDA (Teuku Rushariandi, 2017)

PENGARUH FORMULASI BAHAN BAKU DAN PENAMBAHAN CMC (CARBOXY METHYL CELLULOSE) SEBAGAI STABILIZER TERHADAP MUTU SUSU NABATI (RINA SAPUTRI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy