//

ANALISIS PREDIKSI FRAGMENTASI PELEDAKAN TAMBANG BAWAH TANAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROCK ENGINEERING SYSTEM (RES) DI TAMBANG CIURUG L 600 PT. ANEKA TAMBANG UBPE PONGKOR, JAWA BARAT.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Arief Mulki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dalam industri pertambangan model yang umum digunakan untuk memprediksi fragmentasi peledakan adalah model Kuz – Ram, namun model Kuz – Ram masih memiliki kekurangan dalam memprediksi fragmentasi hasil peledakan. Hal ini dikarenakan model Kuz – Ram belum mampu merepresentasikan semua parameter terkait sifat fisik batuan yang dapat mempengaruhi fragmentasi hasil peledakan. Model Kuz – Ram juga lebih sering digunakan untuk tambang permukaan sedangkan untuk tambang bawah tanah model ini tidak digunakan. Oleh karena itu, untuk tambang bawah tanah dilakukan analisis prediksi fragmentasi dengan menggunakan model RES. Model ini merepresentasikan 16 parameter yang dapat mempengaruhi fragmentsi hasil peledakan. Model RES tidak hanya dapat digunakan pada peledakan permukaan namun juga dapat digunakan pada peledakan bawah tanah. Berdasarkan hasil penelitian untuk peledakan bawah tanah di PT Aneka Tambang UBPE Pongkor model ini menghasilkan nilai R2 terhadap fragmentasi aktual sebesar 0,83 dan RMSE sebesar 5,9 cm. Ini menunjukkan model ini cocok digunakan pada tambang bawah tanah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PENGGUNAAN FAN DALAM PERENCANAAN SISTEM JARINGAN VENTILASI PADA TAMBANG CIURUG L 600 PT. ANEKA TAMBANG UBPE PONGKOR (Tadwin Ilmi Shahara, 2016)

OPTIMASI PENGGUNAAN FAN DALAM PERENCANAAN SISTEM JARINGAN VENTILASI PADA TAMBANG CIURUG L 600 PT. ANEKA TAMBANG UBPE PONGKOR (Nasrullah Andista, 2016)

REDESIGN GEOMETRI PELEDAKAN PADA BATUAN ANDESIT UNTUK MENGOPTIMALKAN FRAGMENTASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BIAYA OPERASIONAL PELEDAKAN DI LOKASI TOWNSITE BASECAMP (TSBC) PT BUKIT ASAM TBK (Yudi Sandy Pratama, 2018)

KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN PADA LAPISAN INTERBURDEN B2C UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI YANG OPTIMAL DI LOKASI MUARA TIGA BESAR UTARA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (Widya Citra, 2017)

ANALISIS FRAGMENTASI MENGGUNAKAN IMAGE ANALYSIS PHOTOGRAPHY DAN MODEL KUZ-RAM TERHADAP BATUAN HASIL PELEDAKAN DI PT. HOLCIM INDONESIA, NAROGONG, JAWA BARAT (Iqbal Januari Pratama, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy