//

GAMBARAN TINGGI WAJAH ANTERIOR BAWAH PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA SUKU ACEH (STUDI PADA SEFALOMETRI LATERAL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lindawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sefalometri adalah suatu teknik radiograf yang digunakan untuk tujuan pengukuran kepala, serta digunakan dalam menunjang diagnosis maupun evaluasi perawatan ortodonti. Permasalahan vertikal wajah memiliki keterkaitan terhadap tinggi wajah anterior bawah seseorang. Tinggi wajah anterior bawah atau LAFH (Lower Anterior Facial Height) adalah jarak vertikal diantara anterior nasal spine dan menton. Pengukuran terhadap tinggi wajah anterior bawah merupakan salah satu evaluasi vertikal yang memiliki kaitan erat terhadap estetika seseorang maupun terhadap perawatan ortodonti. Tinggi wajah anterior bawah pada laki-laki lebih besar dibandingkan dengan perempuan, dan terdapat perbedaan pula pada rata-rata tinggi wajah anterior bawah suku Aceh dengan ras kaukasoid, yang diduga disebabkan oleh berbagai faktor tumbuh kembang pada kraniofasial. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran tinggi wajah anterior bawah pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Suku Aceh. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebanyak 20 sampel berupa foto sefalogram mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengukuran tinggi wajah anterior bawah dilakukan dengan tracing manual pada sefalogram dengan alat penggaris besi yang diukur dari titik Anterior Nasal Spine sampai Menton. Hasil penelitian menunjukkan rerata tinggi wajah anterior bawah pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala sebesar 63,51 mm pada laki-laki dan 58,81 mm pada perempuan. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala Suku Aceh berejenis kelamin laki-laki memiliki nilai rerata tinggi wajah anterior bawah yang lebih besar daripada perempuan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN INDEKS WAJAH SUKU ACEH DEUTRO MELAYU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2009-2012 (Shyntia Dewi Aryani, 2016)

ANALISIS BESAR SUDUT INTERINSISAL SUKU ACEH DEUTRO MELAYU SECARA SEFALOMETRI LATERAL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Amelia Muriza, 2016)

UKURAN LENGKUNG GIGI MAHASISWA SUKU ACEH PADA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (Eddy Fakhriansyah, 2015)

GAMBARAN KEHILANGAN GIGI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2007-2010. (Teuku Zulfahmi Rizki, 2015)

GAMBARAN PROPORSI TINGGI WAJAH PADA RELASI MOLAR KLAS I DAN KLAS II DIVISI 2 ANGLE MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ayu Maylanda Sahputri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy