//

PRAKIRAAN BEBAN LISTRIK PADA PENYULANG UNSYIAH MENGGUNAKAN METODE ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asrian Asril - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas akhir ini bertujuan melakukan prakiraan kebutuhan beban jangka pendek (Short Term Load Forecast – STLF) pada jaringan distribusi yang terhubung ke penyulang Unsyiah. Artificial Neural Network (ANN) adalah algoritma yang digunakan untuk STLF ini. Keunikan beban yang terhubung ke penyulang ini adalah beban puncak yang terjadi di siang hari, berbeda dengan beban puncak kota Banda Aceh yang terjadi pada malam hari. Beban ini terdiri dari golongan konsumen yang bervariasi dari rumah tangga, institusi pendidikan, perkantoran, komersil, sosial serta yang terbesar kampus Universitas Syiah Kuala dan UIN Ar-Raniry yang memiliki karakteristik dua golongan konsumen perkantoran dan pendidikan sekaligus. Kerangka waktu prakiraan dalam studi ini sesuai dengan karakteristik beban listrik yang periodik setiap 24 jam menggunakan dua metode. Metode pertama menggunakan variabel-variabel waktu disertai dengan temperatur dan metode kedua dilakukan penelitian dengan menghilangkan temperatur. Variabel waktu terdiri dari jam, hari seperti hari kerja, hari libur, status semester, sedangkan temperatur dinyatakan dalam celcius. Dari hasil prakiraan yang dilakukan dengan metode ANN dapat dikatakan ANN merupakan metode yang tepat berdasarkan rata-rata kesalahan prakiraan dengan disertai data suhu yang paling tinggi hanya sebesar 4,9%. Prakiraan menggunakan temperatur lebih tepat daripada tanpa data temperatur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PRAKIRAAN BEBAN DAN POTENSI PEMANFAATAN PV UNTUK MENGURANGI BEBAN PUNCAK DI PENYULANG UNSYIAH MENGGUNAKAN ANN (Muhammad Ridha Munawar, 2017)

STUDI ANALISIS BIAYA TOTAL TAHUNAN PENYULANG (FEEDER) SALURAN DISTRIBUSI 20 KV (UNTUK KASUS PADA TAHUN 2013) (Hendri Farliza, 2016)

IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY MAMDANI UNTUK PERAMALAN BEBAN LISTRIK JANGKA PENDEK PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) RAYON BANDA ACEH (Lisna Maulidia, 2016)

PENGGUNAAN KLASIFIKASI ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN) UNTUK PEMETAAN TUTUPAN LAHAN DI KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG (MUHAMMAD REZA SAPUTRA, 2021)

SISTEM OTOMASI LAMPU RUMAH ADAPTIF BERBASIS ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (Siti Zulaikha, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy