//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET FE PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NASRAH PITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NASIONAL UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 5 Agustus 2016 Xv halaman + VI bab + 68 halaman + 7 tabel + 1 skema + 17 lampiran NASRAH PITRI 1207101020028 HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET Fe PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH ABSTRAK Tablet zat besi (Fe) sebagai salah satu suplemen untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan, menurut aturan tablet zat besi (Fe) harus dikonsumsi setiap hari untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Jumlah tablet zat besi yang harus di konsumsi ibu hamil sebanyak 90 tablet berturut-turut selama kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Baiturrahman Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Populasi berjumlah 71 ibu hamil dengan sampel 45 responden yang ditetapkan dengan metode purposive sampling. Waktu pengumpulan data 23-28 Juli 2016, dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan uji statistik menggunakan chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan kepatuhan konsumsi tablet Fe dengan nilai p-value (0,042) dan ada hubungan sikap dengan kepatuhan konsumsi tablet Fe dengan nilai p-value (0,016). Peneliti menyarankan kepada pihak Puskesmas Baiturrahman Banda Aceh untuk memberikan promosi kesehatan pada ibu hamil mengenai pentingnya konsumsi tablet Fe pada setiap kunjungan kehamilan serta melakukan kunjungan rumah (Home Visit) secara rutin. Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, kepatuhan, konsumsi tablet Fe Daftar Bacaan : 29 buku bacaan, 7 jurnal, 1 skripsi, 1 tesis, 2 sumber online (2002-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN USIA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI DI WILAYAH KERJA PUSKEMAS IDI RAYEUK KECAMATAN IDI RAYEUK KABUPATEN ACEH TIMUR (Reza Rozanna, 2020)

HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI (PUTRI NADIA ALFATHAN, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI TABLET BESI PADA IBU HAMIL RNDI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Chairunnisa, 2014)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI (FE) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN IV JURAI PROVINSI SUMATRA BARAT (Tiara Luckyva, 2020)

HUBUNGAN STATUS GRAVIDA DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI (FE) DI PUSKESMAS JAGONG JEGET KABUPATEN ACEH TENGAH (AYU NURFITRIANA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy