//

PENGARUH TIPE ALIRA PADA KOLOM ADSORPSI KARBON AKTIF TERHADAP PENYISIHAN KEKERUHAN TOTAL DISSOLVED SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR LIMBAH TSUNAMI SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR LIMBAH TSUNAMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LIZA ZAKIATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari adalah penyediaan air bersih yang masih belum optimal dan masih terbatasnya media pengolahan air yang dapat membantu masyarakat dalam memperoleh air bersih. Salah satu strategi pengolahan yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan metode filtrasi dengan media pengolahan karbon aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap modifikasi yang bagus untuk penurunan parameter uji yaitu besi, klorida, TDS , TSS dan Fe pada air sumur terhadap masing-masing varian tahap pengujian, yaitu tahap top down dan tahap down top. Hasil pengujian sampel pada tahap Top Down menunjukkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan tahap Down Top, terutama pada parameter Turbidity, TDS, TSS dan Fe. Dimana hasil sampel menunjukkan tahap Top Down efektif yaitu pada waktu kontak 10 menit yang dapat menurunkan kadar Turbidity, TDS, TSS, Clorida dan Fe masing-masing mencapai 80.911%, 84.211%, 66.667%, 23.549% dan 43.069%. Hasil penelitian ini telah mampu merubah air sumur yang berkualitas rendah menjadi air yang berkualitas lebih baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENYERAPAN ION LOGAM BERAT CU(II) DALAM LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN BONE COAL TERAKTIVASI KIMIA (Gusti Randa, 2019)

PEMANFAATAN ARANG AKTIF DARI LIMBAH KOPI SEBAGAI BIOSORBEN LOGAM BESI(II) (ANNISA HIDRAYATI, 2021)

KOMBINASI FILTRASI KARBON AKTIF DAN TEKNOLOGI MEMBRAN UNTUK PENYISISHAN KEKERUHAN, TOTAL DISSOLVED SOLID DAN LOGAM FE DARI AIR SUMUR TERCEMAR TSUNAMI (Arif Fadillah, 2017)

PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN NANO KARBON AKTIF (Aris Munandar, 2017)

DETEKSI LOGAM BERAT (CR, ZN DAN PB) DALAM TANAH TERDAMPAK TSUNAMI DI ACEH SETELAH 10 TAHUN TSUNAMI MENGGUNAKAN TEKNIK LIBS (arlin maya sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy