//

POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN SYAIR ACEH (STUDI DESKRIPTIF DI KECAMATAN PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Oktia Rezeki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: pola pengasuhan anak, syair Aceh Pola pengasuhan adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh orang tua dan orang dewasa lainnya dalam mendidik dan memelihara anak, baik dalam hal memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, berkomunikasi, bersikap maupun memberi perhatian dan kasih sayang. Mengasuh anak menggunakan syair Aceh merupakan suatu keunggulan budaya pengasuhan anak pada masyarakat Aceh. Bagaimanakah pola pengasuhan anak usia dini melalui penggunaan syair Aceh di Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie, dideskripsikan dalam laporan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah empat keluarga yang melibatkan ayah, ibu, nenek dan anak dalam pengasuhan yang ditetapkan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan untuk menjustifikasi data dilakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan anak melalui penggunaan syair Aceh dimulai pada saat hendak menidurkan anak, yakni dengan melafadzakan Lailahaillallah ketika memulai syair; melantunkan syair berisi pujian terhadap anak; kemudian dilanjutkan dengan lantunan syair berisi do’a; nasehat; aturan hidup; cerita kehidupan dunia dan akhirat; serta menggunakan interakasi kontak mata secara kontinu dari pengasuh terhadap anak sampai tertidur di dalam ayunan. Syair diyakini sebagai salah satu sarana dalam menanamkan nilai ketauhidan, nilai moral dan nilai kearifan lokal sejak usia dini. Disarankan penemuan penelitian ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat Aceh untuk mempertahankan tradisi mengasuh anak melalui penggunaan syair Aceh dan menjadikan syair Aceh sebagai salah satu sarana dalam memperkenalkan dan memberikan pengetahuan pertama kepada anak sebagai modal pembentukan perilaku berikutnya dalam lingkungan sosial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA YANG MENIKAH DINI DI DESA MATANG NEUHEUN KABUPATEN ACEH TIMUR (Rita Zahara, 2020)

POLA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (LISA KISMA HAYATI, 2020)

PERAN AYAH PADA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Maisyarah, 2017)

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI (Siti Khatijah, 2016)

HUBUNGAN POLA PENGASUHAN DENGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA NELAYAN DI GAMPONG ALUE AMBANG KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (YUNI RATNA SARI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy