//

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RUMAH SAKIT TK II KESDAM ISKANDAR MUDA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agus Nafdianto - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 29 Juli 2016 xiii Halaman + VI BAB + 59 Halaman + 7 Tabel + 2 Skema + 16 Lampiran AGUS NAFDIANTO 1412101010128 HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RUMAH SAKIT TK II KESDAM ISKANDAR MUDA BANDA ACEH ABSTRAK Ruang Intensive Care Unit merupakan salah satu unit perawatan bagi pasien yang kritis, sehingga menyebabkan keluarga merasa cemas dengan kondisi pasien yang dirawat di ICU. Keterampilan perawat dalam berkomunikasi dapat membantu pasien dan keluarganya mengkomunikasikan pemikiran dan perasaan dengan lebih efektif. Sesuai studi pendahuluan didapatkan keluarga kurang mendapatkan informasi tentang kondisi pasien yang membuat keluarga merasa cemas dengan kondisi pasien. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di Ruang Intensive Care Unit Rumah Sakit TK II Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 30 Juni sampai 22 Juli 2016. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh keluarga pasien di Ruang ICU Rumah Sakit TK II Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh yang berjumlah 104 orang pada bulan Maret sampai Mei 2016 dengan pengambilan sampel secara purposive sampling yang berjumlah 51 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara terpimpin dengan analisis univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang intensive care unit rumah sakit TK II Kesdam Iskandar Muda Banda Aceh dengan nilai p-value 0.012 < α=0.05. Diharapkan perawat tetap mampu menjalankan dan meningkatkan ketarampilan komunikasi terapeutik verbal dan nonverbal dengan baik dan tepat. Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Kecemasan, Keluarga Daftar Bacaan : 24 buku, 4 Jurnal, 2 Sumber Online (2004-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI INTENSIVE CARE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ROSSA HASBELLA, 2017)

HUBUNGAN BENTUK KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN KANKER DI RUANG RAWAT INAP BLUD RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Ns. Novia Rauzatul Jannah Hs, S.Kep, 2014)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Safrizal , 2015)

HUBUNGAN TAHAPAN DAN TEKNIK KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KELUARGA PASIEN STROKERNDI RUANG SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNTGK. CHIK DITIRO SIGLI (SANUSI, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI UNIT PERAWATAN KRITIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Harlina, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy