//

AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 PEUDADA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang khairunnisak - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Aktivitas, IPA,Kurikulum 2013 Aktivitas siswa merupakan kegiatan atau keaktifan dari seorang siswa, di mana siswa ini tidak berpangku tangan dalam proses belajar akan tetapi siswa ini melakukan kegiatan seperti bertanya, menjawab pertanyaan dari guru dan sebagainya sebagaimana dalam proses belajar. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengedepankan kepada sikap siswa, baru kemudian kemampuan dan selanjutnya keterampilan. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses, seperti mengamati mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan dan menyimpulkan.Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas siswa pada pembelajaran IPA yang diselengarakan berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Unggul Peudada. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran IPA yang dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Unggul Peudada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Unggul Peudada. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 yang berjumlah 20 orang. Pemilihan sampel ditetapkan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, alasan penetapan sampel di kelas tersebut karena siswa yang diamati lebih bervariasi dalam hal cara belajar dan memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru, hal ini juga telah disepakati oleh guru-guru pada sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observer dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase P = F/N x 100% . Berdasarkan hasil penelitian aktivitas siswa pada pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 pada materi pesawat sederhana memperoleh nilai yang baik. Agar mencapai 100% setiap kegiatan itu mempunyai nilainya yaitu pada kegiatan pendahuluan mempunyai nilai 22%, kegiatan inti menpunyai nilai 50% dan kegiatan penutup mempunyai nilai 28%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KEMAMPUAN SERVIS PENDEK BULU TANGKIS PADA SMP NEGERI 1 PEUDADA KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SAFARIAH, 2015)

PERSEPSI SISWA MENGENAI KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (RAHMITA ZULHA, 2021)

EVALUASI KEMAMPUAN SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA MAN PEUDADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Sudirman , 2015)

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN 56 BANDA ACEH (Elly Fitria, 2017)

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Risna Arista, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy