//

EFEKTIVITAS KONSELING TERHADAP PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AZIZAH TURZANNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 25 Juli 2016 xv halaman + VI BAB + 63 halaman + 6 tabel + 1 skema +8 gambar+ 15 lampiran AZIZAH TURZANNA 1207101020009 EFEKTIVITAS KONSELING TERHADAP PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Konseling merupakan aspek yang sangat penting dalam pelayanan KB dan kesehatan reproduksi. Dengan melakukan konseling berarti petugas membantu dalam memilih dan memutuskan jenis kontrasepsi yang sesuai untuk digunakan sehingga responden merasa lebih yakin. Ada berbagai macam pilihan alat kontrasepsi, salah satunya adalah IUD. Dari seluruh alat kontrasepsi yang ada IUD adalah jenis kontrasepsi yang sangat dianjurkan untuk digunakan karena daya kerjanya dapat mencapai 5-10 tahun. Akseptor IUD tidak perlu mengingat-ingat seperti halnya mengonsumsi pil atau suntik KB, dan tidak mempengaruhi kualitas dan volume ASI serta tubuh tidak berinteraksi dengan obat-obatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling terhadap pemakaian alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan desain posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin (pervaginam dan sectio caesaria) dan sampel berjumlah 25 ibu bersalin dipilih dengan menggunakan teknik quota sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1-16 Juli 2016, menggunakan kuesioner yang terdiri dari 2 close ended question, kemudian dianalisa menggunakan Binomial Test dengan nilai alpha=0,05. Hasil uji statistik pemakaian IUD setelah diberikan konseling menunjukkan (p=0,017). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa konseling efektif dalam meningkatkan pemakaian alat kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) pascapersalinan di RSUDZA Banda Aceh. Disarankan kepada pemberi pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun di masyarakat agar meningkatkan peran dalam memberikan konseling secara berkala kepada akseptor guna meningkatkan pemahaman dan kemantapan akseptor dalam penggunaan kontrasepsi khususnya IUD. Kata kunci : Konseling, pemakaian alat kontrasepsi, IUD Daftar bacaan : 24 buku + 4 jurnal + 6 sumber online (2002-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

PENGARUH WORKAHOLIC DAN TUNTUTAN PEKERJAAN TERHADAP KEJENUHAN KERJA DENGAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI(STUDI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (RAHMI WARIZKI, 2014)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN GANGGUAN MENSTRUASI PADA WANITA USIA SUBUR (CUT ZAIRA ADILLA ALHUMAIRA, 2019)

PENGARUH KETIDAKAMANAN KERJA TERHADAP KEJENUHAN DAN EMPLOYABILITAS (EMPLOYABILITY) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ISMATUR RAHMI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy