GAMBARAN KOPING CAREGIVER DENGAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

GAMBARAN KOPING CAREGIVER DENGAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

REZA JULIANDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1412101010121

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
28 Juli 2016

XIV halaman + VI BAB + 66 halaman + 4 tabel + 1 skema + 19 lampiran

REZA JULIANDA
1412101010121

GAMBARAN KOPING CAREGIVER DENGAN ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR

ABSTRAK
Memiliki anggota keluarga dengan orang dengan gangguan jiwa menimbulkan masalah tersendiri dalam upaya perawatan ditengah kehidupan bermasyarakat. Koping yang baik dapat mengurangi stres yang dirasakan oleh keluarga terutama caregiver yang mendampingi ODGJ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran koping caregiver dengan orang dengan gangguan jiwa yang terbagi atas problem focused coping dan emotion focused coping di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian deskriptif naratif dengan desain cross sectional study. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh keluarga ODGJ (caregiver) yang tinggal di Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 58 keluarga ODGJ. Teknik pengambilan sampel total sampling dengan alat ukur kuesioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara terpimpin. Hasil penelitian ini diketahui bahwa gambaran koping keluarga dengan orang dengan gangguan jiwa berada pada kategori adaptif yaitu sebanyak sebanyak 39 responden (88,6%), koping keluarga dengan orang dengan gangguan jiwa yang berfokus pada masalah berada pada kategori adaptif yaitu sebanyak 40 responden (90,9%) dan koping keluarga dengan orang dengan gangguan jiwa yang berfokus pada emosi berada pada kategori adaptif yaitu sebanyak 42 responden (95,5%). Psikoedukasi sangat dibutuhkan untuk membantu keluarga dalam menentukan koping yang efektif selama merawat keluarga orang dengan gangguan jiwa. Disarankan kepada petugas puskesmas untuk lebih aktif dalam melakukan kunjungan ke keluarga dan untuk mengetahui perkembangan klien juga untuk mendukung koping positif caregiver.
Kata Kunci : Koping keluarga, orang dengan gangguan jiwa
Sumber bacaan: 19 Buku + 11 Jurnal Online + 3 Artikel (2000-2016).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK