//

MODIFIKASI GAYA HIDUP BERDASARKAN ADAPTATION MODEL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL SAFRIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 27 Juli 2015 Xiv + VI BAB + 72 halaman + 7 tabel + 1 skema + 19 lampiran NURUL SAFRIANI 1207101020083 MODIFIKASI GAYA HIDUP BERDASARKAN ADAPTATION MODEL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 ABSTRAK Diabetes melitus adalah penyakit kronik, yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah (hiperglikemia) yang disebabkan oleh rusaknya sekresi insulin dan resistensi insulin. Diabetes melitus dapat menimbulkan perubahan fungsi struktur tubuh dan menyebabkan individu mengalami gangguan pada perilakunya secara fisik, sosial, dan psikologis. Diabetes melitus menimbulkan stressor yang memicu respon adaptasi dari seseorang untuk baik atau buruk yang dapat dilihat dari fungsi fisiologis, konsep diri, fungsi peran, dan inte rdependensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui modifikasi gaya hidup berdasarkan adaptation model pada pasien diabetes melitus tipe II di Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pasien diabetes melitus tipe II yang berkunjung ke Poliklinik Endokrin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 28 item pernyataan dalam skala Likert. Metode analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan modifikasi gaya hidup adalah baik (66,2%), fungsi fisiologis adalah baik (80,9%), konsep diri adalah baik (69,1%), fungsi peran adalah baik (76,5%), interdependensi adalah baik (83,8%). Disarankan bagi perawat agar dapat memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif sesuai dengan tingkat kebutuhan untuk pasien diabetes melitus agar pasien dapat mempertahankan adaptasi secara baik. Kata Kunci :Modifikasi gaya hidup, diabetes melitus, adaptation model Daftar Bacaan : 23 buku, 11 jurnal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Najwa Adila Zuqni, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO DIABETES MELLITUS TIPE II PADA PASIEN POLI ENDOKRIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Maulida, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy