//

PERANAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBINA SIKAP NASIONALISME PADA GUGUS MELATI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Natalia Naingggolan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : kepramukaan, sikap nasionalisme Penelitian ini berjudul “Peranan Kepramukaan dalam Membina Sikap Nasionalisme pada Gugus Melati Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan kepramukaan dalam membina sikap nasionalisme pada siswa di Gugus Melati Banda Aceh. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peranan kepramukaan dalam membina sikap nasionalisme pada siswa di Gugus Melati Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh SD yang terdapat di Gugus Melati Banda Aceh yang berjumlah empat sekolah dasar, yaitu SD Negeri 20 Banda Aceh, SD Negeri 27 Banda Aceh, SD Negeri 41 Banda Aceh, dan MIN Merduati Banda Aceh. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu kepala sekolah dan guru penjasorkes di Gugus Melati Banda Aceh yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepramukaan dapat membina sikap nasionalisme pada siswa di sekolah dasar sebanyak 91 frekuensi menjawab sangat setuju atau 56,9% dan yang menjawab setuju sebanyak 69 frekuensi atau 43,1%. Dapat disimpulkan adanya peran guru dalam meningkatkan rasa nasionalisme para siswa di sekolah melalui kegiatan pramuka yang dilaksanakan oleh sekolah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS MELATI BANDA ACEH (Widya Ulan Tari, 2018)

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP CINTA TANAH AIR DI SD NEGERI 1 JAGONG KABUPATEN ACEH TENGAH (IKA NURDHANI RILANTI, 2019)

UPAYA GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASIONALISME SESUAI PARADIGMA BARU PPKN DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (NURLELA, 2021)

NASIONALISME DALAM AUTOBIOGRAFI HABIBIE DAN AINUN KARYA BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE (Nurul Aida Fitri, 2014)

IMPLEMENTASI SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Juwita, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy