//

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL AMALIA RUSANTY - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTRIAN RISET , TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 17 JULI 2016 Xii halaman + VI bab + 64 hal + 5 tabel +1 skema +15 lampiran NURUL AMALIA RUSANTY 1207202020057 HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Penyakit jantung koroner terjadi akibat adanya penyempitan pembuluh darah koroner sehingga menyebabkan gangguan fungsi jantung karena berkurangnya aliran darah ke jantung. Hal ini menyebabkan timbulnya nyeri dada berat atau terasa tidak nyaman di dada atau dada terasa tertekan berat. Kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya rasa cemas pada pasien Sindrom Koroner Akut. Perasaan cemas akan membuat pasien merasa tidak tenang, merasa tidak berdaya, dan bergantung pada orang lain. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi individu terhadap kualitas hidupnya. Angka perawatan rumah sakit untuk Sindrom Koroner Akut pada tahu 2015 adalah sebanyak 303, hal ini meningkat disbanding dengan tahun 2014 yaitu 262 kasus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan kualitas hidup pada pasien sindrom koroner akut di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross ectional study dan metode pengumpulan data consecutive sampling terhadap 38 orang responden. Alat pengumpulan data terdiri dari dua kuesioner, yaitu kuesioner kecemasan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang terdiri dari 14 item cheklist, sedangkan Kuesioner kedua yaitu kuesioner Kualitas Hidup menurut WHO yaitu WHOQOL-BREF yang terdiri dari 26 item pertanyaan yang berbentuk skala likert. Metode analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara kecemasan dengan kualitas hidup pada pasien SKA ( P-value 0,018). Diharapkan kepada petugas kesehatan di Rumah Sakit RSUDZA memberi perhatian khusus terhadap kecemasan yang dialami oleh pasien SKA agar tidak berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien dan juga tidak berpengaruh terhadap pengobatan yang dijalani oleh pasien SKA. Kata kunci : Kecemasan, kualitas hidup, Sindrom Koroner Akut Daftar bacaan : 22 buku + 3 penelitian + 4 jurnal +2 internet

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING PADA PASIEN SINDROM KORONER AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (WAHYU MEIHANDA, 2016)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP PASIEN RIWAYAT SINDROM KORONER AKUT DENGAN ST ELEVASI (STEMI) DAN SINDROM KORONER AKUT TANPA ST ELEVASI (NSTEMI DAN ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL) DI RSUDZA (Asti Uki Utari, 2016)

PERBANDINGAN KUALITAS HIDUP PASIEN RIWAYAT SINDROM KORONER AKUT DENGAN ST ELEVASI(STEMI)DAN SINDROM KORONER AKUT TANPA ST ELEVASI (NSTEMI DAN ANGINA PEKTORIS TIDAK STABIL) DI RSUDZA (Asti Uki Utari, 2014)

HUBUNGAN KECEMAMSAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zulfira Ananda, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy