//

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (FAS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Natasya Amalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Banyak alternatif pengganti struktur beton bertulang salah satu diantaranya yaitu dengan menggunakan profil baja hollow. Bermacam-macam pembangunan yang menggunakan baja hollow sebagai konstruksi non-struktural seperti pagar, railing tangga, teralis, adapun penggunaan konstruksi struktural seperti penggunaan rangka atap sederhana, rangka baja pada jembatan, pengganti balok pada rumah hunian dan lain sebagainya. Salah satu kelemahan dari baja hollow yaitu mudah mengalami tekuk (kuat tekan) dimana baja hollow ini berongga ditengahnya. Kelemahan dalam baja hollow dapat disiasati dengan mengisi mortar sehingga kemampuan tekannya dapat diambil alih oleh mortar, dimana baja kuat terhadap tarik dan mortar kuat terhadap tekan. Gabungan dari material dalam menahan beban yang bekerja bersama-sama dikenal dengan struktur komposit. Penambahan mortar sebagai bahan pengisi pada baja hollow dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan tekuk pada batang tekan baja hollow. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai faktor air semen (FAS) yang efektif dari variasi FAS dalam peningkatan nilai kapasitas dan daktilitas dari perilaku rangka baja hollow yang diisi oleh mortar beton dengan variasi faktor air semen terhadap kuat tekan. Penelitian ini akan membahas tentang konstruksi komposit baja hollow yang diisi mortar dengan variasi FAS. Penampang dengan material baja dan beton lebih umum digunakan, kombinasi sifat material beton dan sifat material baja akan meningkatkan kekuatan penampang. Ukuran baja hollow yang digunakan adalah 40/80 mm dengan ketebalan 1,3 mm, tinggi rangka dan lebar masing-masing 50 cm dan FAS yang di gunakan adalah 0,35; 0,4; 0,45. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu semakin kecil nilai variasi FAS penelitian yang ada pada mortar sebagai bahan pengisi, maka semakin tinggi kapasitas beban yang dicapai pada suatu rangka bidang. Kesimpulan dari beban maksimum untuk rangka bidang variasi FAS (RBVF0,35) adalah 7.720 kg, beban yang didapat RBVF0,4 adalah 6.930 kg, dan untuk beban RBVF0,45 adalah 6.900 kg. Nilai daktilitas dapat terukur tetapi tidak termasuk dalam kategori daktilitas kondisi batas layan. Kegagalan pada joint menyebabkan nilai beban tidak meningkat signifikan. Hasil penelitian juga mengarah kepada portal bidang (plane frame) karena pada saat pembacaan data dial gauge terdapat tekan dan tarik yang artinya terdapat lengan momen yang akan menghasilkan momen pada salah satu batang yang ditinjau. Kata Kunci : Baja Hollow komposit, kapasitas, daktilitas, mortar dengan FAS 0,35; 0,4 ;0,45.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KAPASITAS RANGKA BIDANG (PLANE TRUSS) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (FAS) (Zulkifli, 2016)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR DENGAN VARIASI FAKTOR AIR SEMEN (FAS) (Natasya Amalia, 2016)

ANALISIS KAPASITAS PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (SUATU PENELITIAN PADA BAJA HOLLOW TEBAL 1,3 MM DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL 30/60 MM, 40/80 MM DAN 50/100 MM) (Aulia Mirza, 2018)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI TINGGI RANGKA (Sausan Zahrah, 2016)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Aris Abdillah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy