//

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE TALKING CHIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH 2014-2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Winda Mastura - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Kooperatif, Talking Chip, Prestasi Belajar Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Talking Chip Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh 2014-2015”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran kooperative tipe Talking Chip berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Tujuan yang terdapat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperative tipe Talking Chip terhadap prestasi belajar sejarah siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 5 Banda Aceh, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IA3 sebagai kelas control dan Kelas XI IA5 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan uji persyaratan analisis data dan uji korelasi serta uji-t. Dari hasil uji persyaratan analisis data diketahui data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dan hasil analisis korelasi diperoleh r= 0,428. dan dari pengujian hipotesis thitung= 1,790 sedangkan ttabel= 1.70, sehingga thitung > ttabel. Dari hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Chip mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dapat dijadikan saran bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran, karena model pembelajaran kooperatif tipe talking chip mempunyai kelebihan yaitu dapat menjamin partisipasi yang setara dari setiap anggota kelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe talking chip juga mempunyai kelemahan yaitu memerlukan waktu yang lama dalam pelaksanaannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (NURRIZQA, 2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy