//

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI SMPN 12 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AYU RAIHANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMPN 12 Banda Aceh khususnya pada pelajaran IPA guru bidang studi selalu menerapkan metode ceramah pada saat proses belajar-mengajar berlangsung. Hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan beberapa siswa khususnya kelas VIII, mereka mengatakan bahwa metode ceramah sangat membosankan dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu strategi yang harus dicoba untuk dapat meningkatkan keberhasilan belajar pada mata pelajaran IPA adalah Quick On The Draw. Strategi ini dapat berhasil karena siswa dirancang untuk melakukan aktivitas berpikir, kemandirian, fun, saling ketergantungan, multi sensasi, artikulasi dan kecerdasan emosional. Elemen yang ada dalam aktivitas ini adalah kerja individu, kerja kelompok, bergerak, berbicara, mendengarkan, membaca, menulis, dan melihat.(Paull Ginnis, 2008:163). Adapun tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran quick on the draw terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di SMPN 12 banda aceh tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 12 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Penentuan sampel dilakukan secara sampling purposive. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal,tes akhir dan pengolahan data menggunakan uji t, uji χ^2, dan uji F untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung = 1,30 dan ttabel pada taraf signifikan  = 0,05, dk = (n1 + n2 - 2) =(19 + 11-2) = 28 dan peluang 0,95 didapat t 0,95 (28) = 1,70. Jadi thitung< t tabel, yaitu 1,30 < 1,70 oleh karena itu thitung artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Quick On The Draw tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA di SMPN 12 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI SMPN 12 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (AYU RAIHANI, 2016)

PENGGUNAAN METODE QUICK ON THE DRAW DALAM MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (ARIEF DERMAWAN, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/ 2015 (Herman , 2016)

EFEKTIVITAS STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Desilia, 2014)

PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2017/2018 (IMAS PUTRI ALFIANI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy