//

PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 2 PEUKAN BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Nurbani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
EXPERIMENTAL METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pempelajaran fisika dipengaruhi banyak foktor, salah satunya adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru.Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti ingin meneliti model pembelajaran eksperimensebagai salah satu alternatif untuk memotivasi belajar siswa dalam pelajaran fisika.Adapun permasalahannya adalah bagaimana pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Peukan Baro pada materi perambatan cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap hasil belajar fisika bagi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen dan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 2 Peukan Baro yang berjumlah 5 (lima) kelas. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak dua kelas, penentuan sampel dilakukan secara random (acak) yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIBsebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes essay dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,78> 1,67. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa, “Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran eksperimen lebih baik dengan hasil belajar siswa yang diajarkan metode pembelajaran non eksperimen pada materi cayaha SMP Negeri 2 Peukan Baro”.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Masyithah Dahliani, 2017)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING DI SMPN 8 BANDA ACEH (Sarah Nadia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy