HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP LAMA PERAWATAN PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJ BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP LAMA PERAWATAN PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJ BANDA ACEH


Pengarang

T.Jaja Amarullah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101010109

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Skizofrenia merupakan salah satu bentuk gangguan jiwa yang terdapat diseluruh dunia. Dalam penatalaksanaannya, pengobatan skizofrenia memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu dukungan keluarga merupakan faktor yang penting untuk mencapai keberhasilan pengobatan, lamanya masa perawatan pasien skizofrenia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap lama perawatan pasien skizofrenia yang sembuh di Rumah Sakit Jiwa banda aceh. Penelitian menggunakan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga dan pasien skizofrenia di unit rawat inap dan rawat jalan RSJ Banda Aceh. Sampel berjumlah 44 orang yang di pilih dengan metode purpossive sampling pada bulan maret 2016 sampai Mei 2016. Pengukuran data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dukungan keluarga skala likert. Tingkat lama rawatan pasien skizofrenia yang sembuh adalah 50,0%. Sampel memperoleh dukungan yang baik dari keluarga sebesar 56,8%. Hasil analisa uji spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga terhadap lama perawatan pasien skizofrenia yang sembuh di RSJ Banda Aceh(p=0,004).

Kata kunci : Skizofrenia, Lama Perawatan, Dukungan Keluarga.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK