//

HUBUNGAN NILAI ESENSIAL KEPERAWATAN PROFESIONAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Faizah Munira - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, serta tingkat pendidikan masyarakat yang semakin tinggi, merupakan tantangan bagi rumah sakit dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas. Penerapan nilai esensial keperawatan profesional harus berorientasi pada kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan nilai esensial keperawatan professional dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study, jumlah populasi sebanyak 9.020 orang, pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 99 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari 22 pernyataan tentang nilai esensial keperawatan professional dan 44 item pernyataan kepuasan yang menggunakan The SERVQUAL test dalam bentuk likert. Data yang diperoleh dianalisa secara univariat dan bivariat (uji Chi-square). Hasil analisa menujukkan bahwa ada hubungan antara nilai esensial keperawatan professional dengan kepuasan pasien (P-value 0,000) yang meliputi perhatian (altruisme) (P-value 0,002), persamaan (equality) (P-value 0,001), kebebasan (freedom) (P-value 0,000), keindahan (aesthetics) (P-value 0,019), martabat manusia (human dignity) (P-value 0,022), keadilan (Justice) (P-value 0,015), kebenaran (truth) (P-value 0,003) di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Saran untuk Ruang Rawat Inap Kelas III agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan, terutama memaksimalkan penerapan nilai esensial keperawtan profesional meliputi perhatian (altruisme), persamaan (equality)), kebebasan (freedom), keindahan (aesthetics), martabat manusia (human dignity), keadilan (Justice, kebenaran (truth). Kata Kunci : Nilai esensial, kepuasan Pasien, Ruang Rawat Inap Kelas III Daftar Pustaka: 17 buku + 8 jurnal (1988-2012) + 8 Tesis + 4 Kepmenkes RI

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Athiril Jamal, 2016)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

HUBUNGAN PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN SPIRITUAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Zulia Husnul U P, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy