//

ALTERNATIF PERKUATAN DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN CUT MUTIA KOTA JANTHO MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faisal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanah adalah kumpulan dari butiran-butiran padat yang antara satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh rongga-rongga, rongga-rongga diantara butiran tersebut berisi udara dan air. Dalam aplikasi teknik sipil, banyak masalah yang terjadi yang berhubungan dengan tanah dimana konstruksi tersebut diletakkan. Apabila suatu tanah diberi beban diatasnya maka tanah tersebut akan turun. Penurunan (settlement) muka tanah disebabkan oleh adanya beban-beban berat diatasnya seperti struktur bangunan sehingga lapisan-lapisan tanah dibawahnya mengalami kompaksi/konsolidasi. Salah satu alternatif perkuatan yang digunakan untuk menghindari terjadinya penurunan pada tanah timbunan adalah dengan menggunakan dinding penahan tanah. Dinding penahan tanah (DPT) adalah suatu bangunan yang dibangun untuk mencegah keruntuhan tanah yang curam atau lereng yang dibangun di tempat dimana kemantapannya tidak dapat dijamin oleh lereng tanah itu sendiri, dipengaruhi oleh kondisi gambaran topografi tempat itu, apabila dilakukan pekerjaan tanah seperti penanggulan atau pemotongan tanah. Secara umum fungsi dari DPT adalah untuk menahan besarnya tekanan tanah akibat parameter tanah yang buruk sehingga longsor bisa dicegah, serta untuk melindungi kemiringan tanah dan melengkapi kemiringan dengan pondasi yang kokoh. Berdasarkan hasil perhitungan stabilitas lereng pada lereng dengan ketinggian dan kemiringan yang sesuai pengukuran lapangan (kodisi eksisiting), hasil yang ditampilkan oleh program plaxis yaitu lereng tidak aman dan tidak memenuhi kriteria dari faktor keamanan, faktor keamanan yang diperoleh pada kondisi exsisting yaitu sebesar 1.0089. Setelah dilakukan alternatif perkuatan dengan pemasangan dinding penahan tanah dengan melewati bidang gelincir lereng mampu memperoleh faktor keamanan yang lebih besar yaitu 2.1807 Kata kunci: dinding penahan tanah, tanah lunak, tanah timbunan, penurunan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ALTERNATIF PERKUATAN GEOTEKSTIL PADA RUAS JALAN CUT MUTIA KOTA JANTHO MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS (DEBBY INDAH SARI, 2016)

ANALISIS STABILITAS LERENG TERHADAP TINGGI TIMBUNAN YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN BADAN JALAN (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL BANDA ACEH – MEDAN STA. 83+135 GUNUNG SEULAWAH) (Wihardi, 2018)

KAJIAN STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - MEULABOH MENGGUNAKAN PROGRAM GEO 5 DAN PENANGGULANGANNYA (Fadhliansyah, 2016)

ALTERNATIF DINDING PENAHAN TANAH KANTILEVER PADA PEMBANGUNAN FLY OVER SIMPANG SURABAYA (Cut Tia Farhadina, 2017)

ANALISIS FAKTOR KEAMANAN DAN PENANGANAN LERENG PADA RUAS JALAN BLANG KEUJEREN - PEURELAK KABUPATEN GAYO LUWES MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS (T M HASAN BASRI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy