//

GAMBARAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA JROH NAGUNA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Harfina Simahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Remaja putus sekolah beresiko terhadap kenakalan remaja dan tindakan kriminal. Hal tersebut dapat terjadi salah satunya karena pengaturan dan kompetensi emosi yang kurang baik. Pemerintah Aceh telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah remaja putus sekolah, salah satunya dengan membentuk UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna Banda Aceh yang bertujuan untuk membina remaja putus sekolah agar dapat hidup mandiri dan berperan aktif di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan emosional remaja putus sekolah, khususnya dari segi pengaturan dan kompetensi emosi di UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden, yang diambil dengan teknik total sampling dari jumlah populasi 40 orang remaja putus sekolah yang berada di UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui wawancara terpimpin. Analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,7% responden memiliki pengaturan emosi yang kurang baik dan 66,7% responden juga memiliki kompetensi emosi yang kurang baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran perkembangan emosional remaja putus sekolah di UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna berada pada kategori kurang baik. Saran bagi tempat penelitian, diharapkan untuk terus memberikan dan meningkatkan pembinaan tidak hanya secara fisik namun secara mental dan sosial. Kata Kunci : Perkembangan Emosional, Pengaturan Emosi, Kompetensi Emosi, Remaja, Putus Sekolah Daftar Bacaan : 24 buku, 11 jurnal, 5 website (1999-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA JROH NAGUNA BANDA ACEH (ALBI NORMAYDI, 2020)

GAMBARAN KOLONISASI CANDIDA ORAL PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Muliana Sari, 2016)

PENGARUH SELF-COMPASSION JOURNAL TERHADAP SELF-COMPASSION PADA REMAJA PUTUS SEKOLAH (KARINA, 2020)

PERILAKU LANSIA DALAM MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (ZURIFIRNA AYUNIARA, 2015)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy