//

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nursaida Nasution - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengamati perbedaan gambaran histopatologis bursa Fabricius ayam broiler setelah divaksin dengan vaksin virusAI.18 ekor ayam broiler berumur 7 hari dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok dibagi menjadi 9 ekor per kelompok. Kelompok 1 sebagai kelompok kontrol (KN) diberi aquades dan kelompok 2 sebagai kelompok perlakuan (KP) diberi vaksin virus AI, masing-masing kelompok diberi secara subcutan di bagian leher dengan dosis 0,3 ml. Pengamatan bursa Fabricius dilakukan pada hari ke 14, 21, dan 28. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif.Data hasil penelitian memperlihatkan korteks tebal dan medula tipis dengan deplesi limfosit di bagian korteks dan medula lebih tampak pada kelompok KN, kemudian korteks tampak tipis dan medula tebal dengan deplesi limfosit di bagian korteks dan medula pada kelompok KP, kemudian pemberian vaksin AI dapat meningkatkan jumlah dan diameter folikel limfoid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian vaksin AI pada ayam broiler umur 7 hari dapat memberikan efek yang baik dalam merangsang pembentukan antibodi terhadap ketebalan korteks dan medula, deplesi limfosit, jumlah folikel limfoid, dan diameter folikel limfoid bursa Fabricius.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN AVIAN INFLUENZA (AI) (NELLY KARTIKA HSB, 2016)

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) SUBTIPE H5N1PADA AYAM KAMARAS (FAUZIAH FITRI, 2017)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS PADA AYAM BROILER SETELAH VAKSINASI DENGAN VAKSIN VIRUS NEWCASTLE DISEASE (Nurjannah, 2016)

PENGARUH TINGKAT KEPADATAN POPULASI DALAM KANDANG TERHADAP PENURUNAN BERAT DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS BURSA FABRICIUS AYAM BROILER (Syahputri Zakiyah Dahri, S.KH, 2014)

DETEKSI ANTIBODI TERHADAP VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) SUBTIPE H5N1 PADA BURUNG GEREJA (PASSER MONTANUS) DI KECAMATAN DARUSSALAM (Kharisma Widia R, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy