GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN AVIAN INFLUENZA (AI) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN AVIAN INFLUENZA (AI)


Pengarang

NELLY KARTIKA HSB - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1202101010072

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh vaksin avian influenza (AI) terhadap gambaran mikroskopis timus ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 18 ekor ayam broiler berumur 7 hari yang dipelihara selama 28 hari dan dibagi menjadi dua kelompok (kontrol dan perlakuan) dengan tiga kali pengulangan. Ayam kelompok kontrol (KN) diinjeksi akuabidest secara subkutan sedangkan ayam kelompok perlakuan (KP) divaksin dengan vaksin AI sebanyak 0,3 ml/ekor secara subkutan. Pada hari ke- 14, 21 dan 28 ayam dinekropsi untuk diambil timus guna pemeriksaan histopatologis. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan pada KN hari ke- 14, 21 dan 28 struktur mikroskopis timus terlihat septa intralobuler meluas dan limfosit yang masih terlihat jelas di korteks dan medula, selanjutnya pada KP hari ke- 14, 21 dan 28 struktur mikroskopis timus terlihat septa intralobular menyempit sehingga lobulus membesar, deplesi limfosit pada daerah medula dan meningkatnya jumlah limfosit. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, vaksin AI pada ayam broiler mampu memberikan efek yang baik, sesuai dengan gambaran histopatologis dimana jumlah limfosit bertambah, penyempitan septa intralobuler dan deplesi limfosit.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK