//

GAMBARAN MIKROSKOPIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH VAKSINASI DENGAN VAKSIN VIRUS NEWCASTLE DISEASE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MELLA RISKY PRIMA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian vaksin virus Newcastle Disease terhadap gambaran mikroskopis timus ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 18 ekor ayam broiler berumur 3 hari yang dipelihara selama 28 hari yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kontrol (KT) dan perlakuan (KP) dengan tiga kali ulangan. KT diberikan aquades dan KP diberikan vaksin virus ND secara tetes mata dan dosis booster secara oral. Jaringan timus masing-masing diambil pada hari ke 14, 21 dan 28 dan diproses secara mikroteknik dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin. Hasil pengamatan menunjukkan, KT hari ke 14, 21 dan 28 mikroskopis timus terlihat normal, sedangkan KP hari ke 14, susunan limfosit menyebar, medula meluas, badan Hassal’s sedikit dan korteks menyempit. Pada KP hari ke 21, susunan limfosit merenggang, medula meluas, deplesi limfosit didaerah korteks, badan Hassal’s bertambah dan kongesti. Pada KP hari ke 28, susunan limfosit merapat, medula semakin meluas, korteks dan medula mulai menyatu dan badan Hassal’s bertambah. Dapat disimpulkan bahwa, pemberian vaksin virus ND pada ayam broiler berpengaruh terhadap timus. Secara mikroskopis, memperlihatkan tingginya tingkat proliferasi limfosit setelah vaksinasi pada hari ke 14 dan mulai menurun pada hari ke 21 dan ke 28 sehingga korteks menyempit, medula melebar dan badan Hassal’s meningkat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN AVIAN INFLUENZA (AI) (NELLY KARTIKA HSB, 2016)

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS NEWCASTLE DISEASE(ND) PADA AYAM ALPU DAN KAMARAS (Fitria Sastra Mita, 2017)

DETEKSI ANTIBODI TERHADAP NEWCASTLE DISEASE PADA MERPATI DI KECAMATAN DARUSSALAM, KABUPATEN ACEH BESAR (YULIS SETIANA, 2019)

DETEKSI TITER ANTIBODI TERHADAP VIRUS NEWCASTLE DISEASE PADA AYAM KATE DI KECAMATAN SYIAH KUALA (ADE PRATAMA GUSTIDIAN, 2021)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS PADA AYAM BROILER SETELAH VAKSINASI DENGAN VAKSIN VIRUS NEWCASTLE DISEASE (Nurjannah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy