//

EVALUASI MEDICATION ERROR PADA PERESEPAN POLIFARMASI PASIEN HIPERTENSI RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN PERIODE FEBRUARI-APRIL 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farah Meishara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Evaluasi medication error telah dilakukan pada resep polifarmasi pasien hipertensi rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan angka kejadian medication error, serta menentukan fase dengan angka kejadian tertinggi dari medication error. Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimental dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Sampel penelitian terdiri dari 446 lembar resep yang diambil secara prospektif selama Februari-April 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa medication error terjadi pada 440 lembar resep dari total sampel penelitian (98,65%) dimana kesalahan ditemukan pada fase peresepan, penyalinan, peracikan, hingga pemberian obat. Persentase tertinggi terjadi pada fase penyalinan (transcribing) yaitu 68,47% dengan kesalahan terbanyak akibat tidak lengkapnya informasi obat di etiket, catatan perawat, dan di Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi (CPPT). Kesalahan pada fase peresepan (prescribing) mencapai 22,70% dengan kesalahan terbanyak pada aspek legalitas resep dan kelengkapannya. Kesalahan pada fase peracikan (dispensing) sebesar 7,12% dengan kesalahan terbanyak pada penyiapan obat tanpa etiket yang lengkap, sedangkan angka kejadian terendah adalah fase pemberian obat (administration) sebesar 1,71% dengan kesalahan terbanyak yaitu obat tersisa di loker/tempat tidur pasien. Kata kunci: Medication error, hipertensi, resep polifarmasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI MEDICATION ERROR PADA RESEP PASIEN ANAK RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NOVIKA WAHYUNI, 2019)

EVALUASI MEDICATION ERROR PADA PASIEN RAWAT INAP AKUT DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI ACEH (ALFIA RAHMATINA, 2018)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK MENGGUNAKAN METODE GYSSENS PADA PASEIN INFEKSI ULKUS KAKI DIABETIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI JANNATI, 2018)

EVALUASI PERESEPAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) ACEH TAHUN 2016 (Desi Agustin, 2017)

POLA PERESEPAN ANTIHIPERTENSI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENCAPAIAN TARGET TEKANAN DARAH PADA PASIEN DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Aisyah Nurul Hidayati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy