//

FORMULASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KRIM EKSTRAK ETANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.) SKEELS) DENGAN METODE DPPH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Ella Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jamblang (Syzygium cumini (L.) Skeels) merupakan salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antioksidan. Penelitian uji aktivitas antioksidan krim ekstrak etanol daun jamblang telah dilakukan dengan tujuan untuk menentukan nilai IC50 dan stabilitas dari krim. Ekstrak etanol daun jamblang diperoleh dengan metode maserasi dan pengujian aktivitas antioksidan dengan menggunakan metode DPPH (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazil). Aktivitas antioksidan pada metode DPPH dinyatakan sebagai nilai IC50. Ekstrak etanol daun jamblang diformulasi menjadi krim dengan konsentrasi 1% (F1), 5% (F2) dan 10% (F3). Krim dengan IC50 terkecil selanjutnya diuji stabilitas yang meliputi organoleptis, pH, viskositas, dan daya sebar dengan metode cycling test. Ekstrak etanol daun jamblang yang diperoleh memiliki karakteristik berupa ekstrak kental berwarna hijau kehitaman dan berbau khas daun jamblang. Hasil uji fitokimia menunjukkan ekstrak etanol daun jamblang mengandung senyawa alkaloid, fenol, flavonoid, saponin, tanin, dan steroid dan memiliki aktivitas antioksidan sangat kuat dengan nilai IC50 14,458 ppm. Nilai IC50 dari krim F1, F2 dan F3 berturut-turut adalah 113,632; 60,851; dan 33,380 ppm. Hasil pengujian stabilitas menunjukkan bahwa krim ekstrak etanol daun jamblang memiliki nilai pH, viskositas dan daya sebar yang stabil, namun pengamatan organoleptis menunjukkan hasil yang tidak stabil yang ditandai dengan terjadi perubahan warna krim, bau, homogenitas dan terbentuk creaming. Kata Kunci : daun jamblang, antioksidan, DPPH, IC50

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS EKSTRAK METANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.) SKEELS) TERHADAP BAKTERI SALMONELLA TYPHI (Nurhartini, 2016)

UJI AKTIVITAS SPF (SUN PROTECTING FACTOR) SEDIAAN KRIM EKSTRAK ETANOL 96% DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.) SKEELS) MENGGUNAKAN METODE SPEKTROFOTOMETRI (Zakia Rukmana Rasauki, 2018)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ENTEROPATHOGENIC ESCHERICHIA COLI (EPEC) (Haryanti, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.) SKEELS) TERHADAP PERTUMBUHAN METISILIN-RESISTEN STAPHYLOCOCCUS AUREUS (INDAH AGUNG APRILIA, 2018)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) DARI PROPINSI ACEH TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (IN VITRO) (SILMI AHYA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy