PENGUKURAN KOEFISIEN SERAPAN MASSA (?M) FILTER ROKOK KOMERSIAL MENGGUNAKAN DETEKTOR GEIGER-MULLER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGUKURAN KOEFISIEN SERAPAN MASSA (?M) FILTER ROKOK KOMERSIAL MENGGUNAKAN DETEKTOR GEIGER-MULLER


Pengarang

Sitti Hadaina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1208102010002

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

574.192

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian mengenai pengukuran koefisien serapan massa (µm) pada beberapa filter rokok komersial (A, B, C) menggunakan detektor Geiger-Muller dengan sumber radiasi Sr-90 dan Am-241. Pada penelitian ini filter rokok divariasikan jarak paparan dari sumber radiasi menuju detektor, yakni 6 cm, 7 cm dan 8 cm dengan ketebalan sesuai karakteristik dari tiga filter rokok tersebut. Sampel filter rokok diberi perlakuan dengan pres dan tanpa pres (kondisi normal). Filter rokok pres diberikan gaya tekan sebesar 5 ton dengan waktu tahan selama 10 menit menggunakan Hidrolic Press. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa pada kondisi normal filter rokok B memiliki nilai koefisien serapan massa (µm) yang paling baik dibandingkan dengan filter rokok A dan filter rokok C dengan sumber Sr-90 maupun Am-241. Untuk filter rokok yang telah dipres didapatkan bahwa nilai koefisien serapan massa (µm) yang paling baik diperoleh oleh filter rokok C diikuti oleh filter rokok A dan filter rokok B untuk sumber Sr-90 maupun Am-241.

Kata Kunci: Radiasi, Filter rokok, Koefisien Serapan Massa (µm)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK