//

STUDI IMUNOHISTOKIMIA PERKEMBANGAN RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ERα) PADA OVARIUM DAN UTERUS TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chintya Desfariza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengamati dan mengidentifikasi perkembangan reseptor estrogen alpha (ERα) pada ovarium dan uterus tikus putih (Rattus norvegicus) pada tingkatan umur yang berbeda secara imunohistokimia (IHK). Organ ovarium dan uterus dikoleksi dari delapan ekor tikus putih betina umur 2, 4, 6, dan >12 bulan, selanjutnya diproses menjadi preparat histologis dan diwarnai dengan pewarnaan IHK. Hasil penelitian menunjukkan ekspresi ERα dengan intensitas warna kuat (+++) terdapat pada stroma dan korpus luteum, dan lemah (+) pada sel teka, buluh darah, oosit, dan sel germinativum ovarium tikus umur 2 bulan. Ekspresi yang sama ditemukan pada ovarium tikus umur 4 bulan, namun intensitas warna ERα meningkat (++) pada sel teka, buluh darah, dan oosit. Ekspresi ERα pada ovarium tikus umur 6 dan >12 bulan berkurang (++) dibagian stroma dan korpus luteum, dan lemah (+) pada buluh darah dan oosit. Pada uterus tikus umur 2 bulan, ekspresi ERα dengan intensitas warna lemah (+) terdapat pada stroma dan epitel luminal, sedang (++) pada miometrium, namun tidak ditemukan ERα pada kelenjar uterus. Ekspresi ERα pada uterus tikus umur 4 bulan mengalami peningkatan pada stroma dan epitel luminal, (++) sedangkan kelenjar uterus lemah (+). Pada uterus tikus umur 6 bulan intensitas warna ERα kriteria kuat (+++) terdapat pada stroma, miometrium, dan epitel luminal, sedangkan pada kelenjar uterus terlihat intensitas sedang (++). Ekspresi ERα pada uterus tikus umur >12 bulan hampir sama dengan uterus tikus umur 6 bulan, namun ekspresinya menurun (++) pada miometrium dan epitel luminal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkembangan dan pola sebaran ERα pada ovarium dan uterus tikus berbeda pada setiap tingkatan umur, hal ini diduga berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi serta erat kaitannya dengan siklus estrus yang terjadi pada setiap tikus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ER-α) DAN RESEPTOR PROGESTERON A (PR-A) PADA OVARIUM SAPI ACEH REPEAT BREEDING DAN NON REPEAT BREEDING SECARA IMUNOHISTOKIMIA (AZZAHRATUL HUMAIRA, 2019)

DETEKSI RESEPTOR ESTROGEN α (ERα) DAN PROGESTERON A (PR-A) PADA CORNUA UTERUS SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING SECARA IMMUNOHISTOKIMIA (Lidra Andrean, 2019)

EKSPRESI RESEPTOR FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSHR) PADA OVARIUM TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) DALAM FASE ESTRUS (Nora Usrina, 2015)

IMUNOLOKALISASI DAN EKSPRESI RESEPTOR ESTROGEN ALPHA (ERα) DAN PROGESTERON A (PR-A) PADA OVIDUCT SAPI ACEH REPEAT BREEDING DAN NON REPEAT BREEDING (Rizki Akbar Siagian, 2019)

STUDI IMUNOHISTOKIMIA DISTRIBUSI SEL-SEL IMUNOREAKTIF FOLLICLE STIMULATING HORMONE (IR-FSH) PADA KELENJAR HIPOFISA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Patrick Flaggellata, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy