//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rifka Nadia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : pendekatan saintifik, hasil belajar, statistika Statistika merupakan salah satu materi pelajaran yang harus dikuasai peserta didik, Pendekatan saintifik menjadi topik menarik dikalangan para pendidik. Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan pendekatan saintifik melebihi nilai KKM pada materi Statistika di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh? 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran Statistika dengan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh? 3) Bagaimanakah kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada materi Statistika di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik pada materi Statistika di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran Statistika dengan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. 3) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada materi Statistika di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Hipotesis pada penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifikmelebihi nilai KKM pada materi Statistika di kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh”. Jenis penelitian ini adalah eksprimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif.Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VIII SMP 10 Banda Acehdan sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIII-A SMP 10 Banda Aceh sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar, pengamatan aktivitas siswa dan angket kemampuan guru terhadap pendekatan saintifik. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa hasil belajar siswa dengan pendekatan saintifik pada materi Statistika di kelas VIII-A SMP Negeri 10 Banda Aceh dapatmelebihi nilai KKM yang ditinjau dari kemampuan siswa, aktivitas siswa dan angket kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SEUNAGAN TAHUN AJARAN 2015/2016 (Noviliya Roza, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmi Keumalasari, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Naziela Rizkina Balqis Hsb, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK OLEH GURU BERSERTIFIKASI DI SD NEGERI 1 BEBESEN KAB. ACEH TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018 (Wahyuni Irsyad, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy