PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT MELALUI KEARIFAN LOKAL DI MUKIM MANE KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT MELALUI KEARIFAN LOKAL DI MUKIM MANE KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA


Pengarang

Adli Waliul Perdana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200210012

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu (S2) / PDDIKTI : 54145

Penerbit

Banda Aceh : Program Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

577.69

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Aceh memiliki banyak kearifan lokal dalam pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bentuk kearifan lokal serta adat istiadat di Mukim Mane dalam mengelola sumberdaya pesisir, (2) menganalisis kelembagaan dan kebijakan yang mengawasi pengelolaan sumberdaya pesisir melalui kearifan lokal dan (3) menganalisis strategi untuk menguatkan kearifan lokal masyarakat dalam mengelola sumberdaya pesisir. Penelitian ini dilakukan di Mukim Mane Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Metode yang digunakan ialah metode survey dengan pendekatan kualitatif. Sebagai informan adalah Imum Mukim, Panglima Laot Lhok, nelayan dan masyarakat lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengelolaan sumberdaya pesisir adalah (1) adanya hari pantang laot, (2) menjaga sesama nelayan ketika melaut, (3) tidak menebang hutan mangrove (4) menjaga terumbu karang (5) menjaga kebersihan kuala dan pantai. Kelembagaan dan kebijakan yang mengawasi jalannya kearifan lokal masyarakat Mukim Mane adalah Panglima Laot dan Qanun-qanun Aceh. Strategi yang dapat dilakukan untuk penguatan kearifan lokal adalah dengan (1) meningkatkan sinergisitas peran pemerintah, perguruan tinggi, panglima laot serta masyarakat dan (2) melakukan pengembangan masyarakat pesisir melalui kerja sama, kesatuan sosial, media, pola hubungan kerja, dan kesadaran pentingnya lingkungan.
Kata Kunci : Sumberdaya Pesisir, Kearifan Lokal, Pengelolaan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK