//

STANDARISASI RESEP BROWNIES KUKUS DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG PISANG OWAK (MUSA PARADISIACA. L)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HELYANTI MUHARRAMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Helyanti, Muharramah. 2016. Standarisasi Resep Brownies Kukus dengan Penambahan Tepung Pisang Owak (Musa Paradisiaca . L). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluaga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Laili Suhairi, S.Pd,. M.Si (2) Yuli Heirina Hamid, SPd,. M.Si Kata kunci : Standarisasi, Brownies kukus, Pisang owak. Penelitian ini membahas masalah brownies kukus yang ditambakan dengan penambahan tepung pisang owak dengan dua perlakuan yaitu dengan menggunakan resep standar dari brownies tanpa penambahan tepung pisang owak dan ditambahkan dengan tepung pisang owak. Tepung pisang owak adalah tepung pisang yang diperoleh dari Pisang owak melalui proses pengupasan, penjemuran, dan penggilingan. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui resep standar brownies kukus dengan penambahan tepung pisang owak (2) mengetahui karakteristik organoleptik (warna, aroma, tekstur dan rasa) pada brownies kukus dengan penambahan tepung pisang owak. (3) mengetahui daya terima konsumen terhadap penambahan tepung pisang owak didalam pembuatan brownies kukus, dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data-data dari uji pengamatan dianalisis dengan cara menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber. Data-data dari uji penerimaan dianalisis menggunakan analisis varian (anova) satu jalur pada pembuatan brownies kukus yang diperoleh dari narasumber, panelis siswa-siswi (SMKN 3 Banda Aceh). Pengumpulan data dilakukan dengan uji pengamatan (Sensory Evaluation) yang dilakukan oleh 7 orang narasumber, dan uji penerimaan (Hedonic Scale) yang diuji cobakan kepada 30 orang panelis konsumen yaitu murid SMKN 3 Banda Aceh. Resep standar brownies kukus dengan penambahan tepung pisang owak yaitu (BK550) yang terdiri dari tepung terigu 30 gram, tepung pisag owak 30 gram,gula pasir 112 gram, telur ayam 164 gram, coklat bubuk 17 gram, coklat batang, 50 gram, dan margarin 60 gram. Simpulan dari penelitian ini adalah narasumber dan panelis konsumen menyukai brownies kukus (BK550) 85%. Kepada peneliti yang tertarik pada bidang penelitian ini dapat meneliti brownies kukus dengan tepung pisang lainnya dan membuat brownies dengan pisang owak yag telah matang. Kepada peneliti lanjutan dapat meneliti brownies kukus ditambah dengan aneka olahan topping lainnya untuk mengetahui berbagai varian rasa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KIMIAWI PADA BISKUIT BALITA BERBASIS TEPUNG PISANG OWAK (MUSA PARADISIACA L )TEPUNG KACANG MERAH (PHASEOULUS VULGARISL ) DAN TEPUNGKACANG HIJAU (PHASEOULUS RADIATES L) (Nurjati, 2019)

PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP CITA RASA COOKIES PISANG OWAK (MUSA PARADISIACA L) (ZULHERA, 2017)

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP FORMULASI BISKUIT BALITA BERBASIS TEPUNG PISANG OWAK (MUSA PARADISIACA L), TEPUNG KACANG MERAH (PHASEOLUS VULGARIS L) DAN TEPUNG KACANG HIJAU (PHASEOLUS RADIATUS L) (Nurul Aprilianti, 2018)

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP NUGGET PISANG OWAK (MUSA PARADISIACA L) (SISKA NUR ULYATUNNISA, 2020)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL EKSTRAK KULIT PISANG BARANGAN (MUSA PARADISIACA L.) TERHADAP CANDIDA ALBICANS (Kartika Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy