//

STUDI IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI PADA DAGING SAPI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dila Sartika Manurung - Personal Name

Abstrak/Catatan

STUDI IDENTIFIKASI Escherichia Coli PADA DAGING SAPI DILA SARTIKA MANURUNG NIM: 1302001010011 ABSTRAK Daging sapi adalah jaringan otot yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Kecepatan kerusakan daging tergantung pada jumlah mikroba awal. Escherichia coli adalah salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif. Pada umumnya, bakteri ini hidup pada tinja dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia, seperti diare dan masalah kesehatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sampel daging yang masuk di laboratorium Kesehatan Masyarat Veteriner Balai Veteriner Medan memiliki cemaran mikroba di ambang batas. Hari pertama di lakukan preparasi sampel di mana sampel yang di uji adalah daging yang sebelumnya telah di bekukan sehingga harus dilakukan proses pencairan, bertujuan untuk memudahkan pemotongan sampel. Selanjutnya hari kedua di lakukan pemeriksaan bakteri Escherichia coli pada sampel daging yang telah di persiapkan pada hari pertama. Pembacaan hasil di lakukan pada hari terakhir yaitu hari ketiga. Hasil penelitian ini menunjukan hanya satu sampel yang positif tercemar dari keseluruhan sampel yaitu 21.10¹ cfu/gr dan dinyatakan memiliki cemaran diambang batas. Kata Kunci : Daging, Identifikasi Escherichia coli, Balai Veteriner Medan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA VAGINA SAPI ACEH (Dian Zahlina, 2018)

PENGARUH MARINASI MADU TERHADAP MUTU DAGING SAPI (BOSS SP.) (Sugiarti, 2015)

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH (Dwi Rosa Selfiana, 2017)

TINGKAT HIGIENITAS DAGING SAPI YANG DIJUAL PADA BEBERAPA PASAR TRADISIONAL DI BANDA ACEH (Arfandani, 2015)

ANGKA PREVALENSI CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA TANGAN PEDAGANG DAGING AYAM BROILER DI DUA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (PANI NOVELIANI LUBIS, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy