//

PENGARUH TEHNIK SPIRITUAL/DZIKIR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA MENJELANG UJIAN RESPONSI DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Nurafifah Qarimah - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI Juli 2016 xiv+ VI BAB + 58 Halaman + 7 Tabel + 1 Skema + 14 Lampiran SITI NURAFIFAH QARIMAH 1207101020061 PENGARUH TEHNIK SPIRITUAL/DZIKIR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA MENJELANG UJIAN RESPONSI DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ABSTRAK Ujian responsi merupakan salah satu pemicu kecemasan yang dapat menyebabkan mahasiswa tidak mampu mengikuti ujian dengan baik sehingga diperlukan cara untuk menurunkan cemas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tehnik spiritual/dzikir terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa menjelang ujian responsi di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian dilakukan pada tanggal 2 juni 2016. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental pre-post test one grup design dengan variabel yang diukur adalah tingkat kecemasan pada mahasiswa menjelang ujian responsi. Tehnik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan jumlah populasi sebanyak 95 orang, Sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 10 responden. Tingkat kecemasan diukur dengan menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Kepada responden diberikan dzikir 1 jam sebelum ujian responsi. Dzikir yang diberikan pada responden dengan mengucapkan tashbih (Subhanallaah), Tahmid (Alhamdulillah), Tahlil (Laa ilaahaaillallah), dan Takbir (Allahuakbar) sebanyak 33x selama lima belas menit. Hasil penelitian memunjukkan bahwa sebanyak (70%) mengalami kecemasan sedang dan (30%) mengalami kecemasan berat sebelum dilakukan intervensi (dzikir). Setelah dilakukan dzikir tingkat kecemasannya menjadi tidak cemas sebanyak (80%) dan cemas ringan sebanyak (20%). Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh tehnik spiritual/dzikir terhadap tingkat kecemasan pada mahasiswa menjelang ujian responsi. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah ditujukan pada mahasiswa dapat melafalkan dzikir dalam menurunkan kecemasan pada saat menjelang ujian, baik itu ujian responsi dan ujian praktikum. Kata Kunci : Kecemasan, Spiritual, Dzikir, Ujian Daftar bacaan : 17 buku + 9 thesis + 3 jurnal + 3 internet

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA RNMENJELANG UJIAN PRAKTIKUMRNDI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RIZKIA FUNNA, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN YANG MENGIKUTI UJIAN COMPUTER BASED TEST (CBT) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Suhardi, 2018)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN MENJELANG OBJECTIVE STRUCTURAL CLINICAL EXAM (OSCE) PERTAMA DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2013 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Maulida, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN SEBELUM MENGHADAPI UJIAN OSCE SEMESTER PERTAMA DENGAN NILAI YANG DICAPAI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2012 FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (Nasrul Nashar, 2016)

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (MISKAH CHAIRANI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy