//

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RINA RISMAYA - Personal Name
SubjectCORONARY HEART DISEASE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penyakit gagal jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Gagal jantung dapat menimbulkan kelelahan atau fatigue yang merupakan sumber kecemasan pada pasien gagal jantung. Kecemasan pada pasien akan mempengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas hidupnya. Kualitas hidup adalah interpretasi seseorang mengenai status kesehatan yang sesuai dengan harapannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecemasan dengan kualitas hidup pasien gagal jantung di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 2016. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang. Alat pengumpulan data dilakukan dengan bentuk daftar pertanyaan berbentuk kuesioner yang diadobsi dari Zung Self-rating Anxiety Scale dan WHOQOL-BREF sehingga kuesioner ini telah valid dan reliebel. Metode analisis data dilakukan dengan univariat dan bivariat (uji statistic Chi-square). Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara kecemasan dengan kualitas hidup pasien gagal jantung di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (P-value = 0,019). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, ada hubungan antara kecemasan dengan kualitas hidup pasien gagal jantung di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin. Saran bagi perawat dan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar dapat memberikan perhatian dan pelayanan dengan baik serta memberikan penjelasan kesehatan pada pasien gagal jantung sehingga dapat mengurangi kecemasan yang dirasakan pasien. Kata Kunci :kecemasan, kualitas hidup, gagal jantung Daftar Bacaan: 15 Buku, 2 Tesis, 5 Artikel, 25 Jurnal

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ILLNESS ACCEPTANCE DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Arafah, 2020)

44 HUBUNGAN FATIGUE DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLI KLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MULIADY PUTRA, 2021)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2014 (Nisa Andriani Putri, 2014)

DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LIYA HARNINGSIH, 2016)

HUBUNGAN SUPPORTIVE CARE NEEDS DENGAN KECEMASAN PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUL RAHMI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy