//

PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN OLEH GURU LULUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DENGAN GURU LULUSAN NON PENDIDIKAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang farinia maulani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Prestasi Belajar Siswa, Guru Pendidikan Ekonomi, Guru Non PendidikanEkonomi Penelitian ini berjudul “Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Antara Siswa Yang Diajarkan Oleh Guru Lulusan Pendidikan Ekonomi Dengan Guru Lulusan Non Pendidikan Ekonomi Pada SMA Negeri 5 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diajarkan oleh guru lulusan pendidikan ekonomi dan prestasi belajar siswa yang diajarkan oleh guru lulusan non pendidikan ekonomi serta untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kedua siswa tersebut pada mata pelajaran ekonomi dengan melihat hasil tes kognitif siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS 1 dan siswa kelas XI IS 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 36 siswa. Dengan menggunakan teknik random sampling, peneliti mengambil sampel berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 17 siswa yang diajarkan oleh guru lulusan pendidikan ekonomi dan 19 siswa yang diajarkanoleh guru lulusan non pendidikan ekonomi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik inferensial parametris dan untuk menguji hipotesis digunakan statistik uji-t pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = (n_1+ n_2-2) = 34. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung 3,61 >〖 t〗_(tabel )1,68 artinya tolak H_0 dan terima H_a yaitu prestasi belajar siswa yang diajarkan oleh guru lulusan pendidikan ekonomi lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajarkan oleh guru lulusan non pendidikan ekonomi di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Siswa yang diajarkan oleh guru lulusan pendidikan ekonomi memperoleh nilai rata-rata 79,71 dan siswa yang diajarkan oleh guru lulusan non pendidikan ekonomi memiliki nilai rata-rata 76,63. Perbedaan prestasi belajar siswa tersebut disebabkan oleh pengaruh latar belakang pendidikan kedua guru yaitu guru lulusan pendidikan ekonomi dan guru lulusan non pendidikan ekonomi yang juga menyebabkan kompetensi yang dimiliki oleh kedua guru tersebut berbeda.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (ZAHRATUL HAYATI, 2020)

PENGARUH KEMAMPUAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 4 KISARAN PENGARUH KEMAMPUAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 4 KISARAN PENGARUH KEMAMPUAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 4 KISARAN (Rika Suwarningsih, 2018)

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 1 BEUTONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 (Intan Sawani, 2018)

PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMP DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (TAHUN AJARAN 2013/2014) (YUSNIDAR, 2015)

KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN PRAKARYA DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (RAHIMA WAHYUNI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy