//

PENGARUH TEKNIK PEMBERSIHAN BRAKET METAL TERHADAP SHEAR BOND STRENGTH SKRIPSI IGA HUSRIANA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IGA HUSRIANA - Personal Name
SubjectORTHODONTICS
DENTISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Iga Husriana Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh Teknik Pembersihan Braket Metal Terhadap Shear Bond Strength Braket metal yang terlepas selama perawatan dapat direkatkan kembali setelah dibersihkan dari sisa bahan adhesif dengan teknik pembakaran atau grinding. Salah satu bahan adhesif yang dapat digunakan untuk merekatkan braket adalah jenis chemically cure. Braket harus memiliki nilai shear bond strength minimal yang dapat diterima secara klinis agar tidak mudah terlepas akibat tekanan kunyah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh teknik pembersihan braket metal menggunakan teknik pembakaran dan teknik grinding terhadap shear bond strength dengan jenis bahan adhesif chemically cure no-mix. Spesimen penelitian ini berjumlah 20 spesimen dibagi menjadi 2 kelompok (n=10) yaitu kelompok I teknik pembakaran dan kelompok II teknik grinding dengan kecepatan 30.000 rpm. Uji shear bond strength menggunakan alat universal testing machine. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan uji t berpasangan dan dan uji t tidak berpasangan. Hasil analisis uji t berpasangan diperoleh adanya perbedaan yang signifikan nilai shear bond strength braket baru dan braket setelah pembersihan pada kedua kelompok (p0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembersihan menggunakan teknik pembakaran dan teknik grinding mempengaruhi shear bond strength dari braket metal secara signifikan. Akan tetapi, penurunan shear bond strength di antara kedua teknik pembersihan tidak berbeda bermakna. Kata kunci : shear bond strength, braket metal, teknik pembersihan, teknik pembakaran, teknik grinding

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SHEAR BOND STRENGTH BRACKET METAL DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ADHESIF CHEMICALLY CURED DAN LIGHT CURED YANG TERKONTAMINASI SALIVA (Rita Maulida, 2014)

SHEAR BOND STRENGTH BRACKET METAL DITINJAU DARI MEREK YANG BERBEDA (Lucila ulfa, 2014)

STUDI ADHESIVE REMNANT INDEX (ARI) DAN TOPOGRAFI BRACKET METAL SETELAH TEKNIK PEMBERSIHAN (Cinthia Laila Deea, 2016)

PERBEDAAN TOPOGRAFI PERMUKAAN EMAIL SETELAH UJI BOND STRENGTH ANTARA ORTHODONTIC BRACKET METAL DAN EMAIL YANG TERKONTAMINASI SALIVA DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ADHESIF YANG BERBEDA (nazella, 2014)

PENGARUH PERINGKAT OBLIGASI DAN FEE TERHADAP HARGA OBLIGASI SYARI’AH PADA PERUSAHAAN PENERBIT OBLIGASI SYARI’AH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (ROUZAH NAMIRA, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy