//

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA WANITA MENOPAUSE YANG BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meira Rizki - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Berbagai masalah yang dihadapi oleh wanita menopause tidak terlepas dari gangguan fisik maupun psikologis diantaranya susah tidur, rambut beruban dan mudah rontok, kulit menjadi kering, cemas, sedih, gelisah, kesepian dan mudah tersinggung. Kondisi tersebut secara langsung akan memengaruhi kualitas hidup dan berdampak pada keadaan psychological well-being wanita menopause baik yang bekerja maupun wanita menopause yang tidak bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan psychological well-being pada wanita menopause yang bekerja dan tidak bekerja di Banda Aceh.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling. Sampel penelitian berjumlah 96 wanita menopause (48 wanita menopause yang bekerja dan 48 wanita menopause yang tidak bekerja) yang berada pada dewasa madya dengan rata-rata berada pada usia 45 tahun. Alat ukur yang dipakai menggunakan Skala Ryff’s Psychological Well-being Scale yang telah diadaptasikan oleh peneliti dengan nilai koefisien reliabilitas uji coba (α=0,91). Uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test, dengan nilai (t)=6,579, taraf signifikansi ρ=0,000 (ρ>0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada psychological well-being wanita menopause yang bekerja dan tidak bekerja di Banda Aceh, maka dapat disimpulkan bahwa wanita menopause yang bekerja memiliki psychological well-being lebih tinggi daripada wanita menopause yang tidak bekerja. Kata kunci : Psychological well-being, Wanita menopause, Bekerja dan tidak bekerja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN TINGKATRNKECEMASAN MENOPAUSE PADA WANITA YANG BEKERJA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2013 (Ikhsan, S. Kep, 2014)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANGRNMENOPAUSE DI KELURAHAN ATEUK PAHLAWANRNKOTA BANDA ACEH (NURUL HAKIKI, 2015)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2014)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2016)

DAMPAK PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN NON HORMONAL TERHADAP USIA RATA-RATA MENOPAUSE (Arinda Calvine Santoso, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy